Kabupaten Pegunungan Bintang Rayakan Usia Ke-19 Tahun

 

Bupati Pegubin, Spei Yan Bidana, ST.M.Si didampingi Plt. Sekretaris Daerah drg. Aloysius Giyai, M.Kes, Forkiopimda dan para kepala OPD hadir  di acara HUT je-19 Kabupaten Pegubin.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Tanggal 12 April 2022, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) di Provinsi Papua merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19. Sebuah perayaan sederhana digelar di lapangan Kabiding, depan Kantor Dukcapil Pegubin, Selasa (12/04/2022).

Acara ini dihadiri oleh ribuan warga setempat dengan penuh sukacita diisi dengan ibadah bersama dan atraksi tari-tarian dari perwakilan suku. Tradisi bakar batu (barapen) ala Pegunungan Papua pun mengisi momen ini.

Bupati Pegubin, Spei Yan Bidana, ST.M.Si didampingi Plt. Sekretaris Daerah drg. Aloysius Giyai, M.Kes, Forkiopimda dan para kepala OPD hadir mengambil kegembiraan dan sukacita bersama rakyatnya.

Pada kesempatan istimewah ini, Bupati Spei mengukuhkan tujuh (7) kepala suku besar yang mendiami wilayah Pegubin yaitu Suku Jip Ngaul, Muruop, Arip Tap, Kambom, Una, Lepki, dan Suku Dap.

Untuk diketahui, Kabupaten Pegunungan Bintang adalah sebuah kabupaten yang terletak di kawasan Pegunungan Tengah Provinsi Papua. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini di sebelah Timur, Jayapura di bagian Utara, Boven Digoel di sebelah Selatan, dan Kabupaten Yahukimo di sebelah Barat.

Nama kabupaten ini diambil dari kata Steren Geberte yang dalam Bahasa Belanda berarti Gunung Bintang. Kata ini merujuk kepada kumpulan salju abadi di Puncak Mandala yang jika diamati berbentuk seperti bintang.

Secara geografis Kabupaten Pegunungan Bintang terletak di antara 140°05’00’’–141°00’00’’ Bujur Timur dan 3°04’00’’–5°20’00’’ Lintang Selatan dengan luas wilayah 15.683 9km². Kabupaten ini terbagi ke dalam 34 (tiga puluh empat) distrik dan 277 desa/kampung.

Berdasarkan data, jumlah penduduk Kabupaten Pegunungan Bintang pada tahun 2020 sebesar 11.800 jiwa dengan laju pertumbuhan sebesar 1,00% dan tingkat kepadatan sebanyak 7,13 jiwa per km².

Selama 19 tahun berdiri, Pegubin telah dipimpin oleh tiga bupati yakni Drs. Welliongton Lord Wenda, M.Si (2005-2015), Constan Oktemka (2015-2020), dan kini Spei Yan Bidana yang memimpin sejak Maret 2021. (Gusty Masan Raya/Tony Almung/Dari Berbagai Sumber)

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.