TNI Latih Warga Binaaan Lapas Serui Keterampilan “Tukang”

Pelatihan dari TNI kepada warga binaan Lapas Serui

YAPEN (PB) : Pada umumnya masyarakat masih banyak yang mempunyai pandangan negatif terhadap sosok mantan narapidana (napi) alias warga binaan Lapas.

Mereka oleh sebagian masyarakat dianggap sebagai trouble maker/pembuat masalah yang meresahkan, sehingga terkadang ditolak dan terus mewaspadainya.

Hal inilah yang tak jarang membuat seorang mantan napi, kembali ke dunia kriminal akibat dirinya merasa dikucilkan oleh lingkungan dan tak sanggup melakukan resosialisasi di masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Danramil 1709-01/Yapsel Mayor Inf A.H. Widagdo bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Serui Kab. Kep. Yapen untuk memberikan bimbingan pelatihan dan keterampilan kepada para tahanan, khususnya keterampilan dalam bidang pertukangan. Jum’at (09/06/2017).

“Para tahanan ini kami berikan bimbingan keterampilan dengan teknis pelaksanaannya yaitu tahap awal dilakukan kepada 6 orang tahanan. Jadi dengan harapan bahwa 6 orang yang diberikan materi ini sampai benar-benar mampu dan menguasai serta terampil dalam ilmu pertukangan agar nantinya mampu diaplikasikan saat kembali di kehidupan bermasyarakat,” bilang Danramil.

Sementara Ka Lapas Serui Andi Yudo Sutijono menuturkan, kegiatan yang dilakukan oleh Koramil 1709-01/Yapsel ini sangat bermanfaat dan yang pastinya memiliki dampak edukatif yang optimal dalam program kreatif seperti keterampilan di bidang pertukangan.

“Besar harapan kami agar nantinya mereka saat kembali kemasyarakat menjadi warga yang taat hukum yang dapat hidup mandiri dan produktif untuk menjadi manusia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara,”  tambah Ka Lapas. (Acel)

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *