Direktur Hukum dan SDM PT. Semen Indonesia Persero, Tbk Agung Yunanto didampingi Staf menyerahkan souvenir kepada Kepala Biro Otsus Pemprov Papua Aryoko Rumaropen, saat pembukaan Pelepasan Siswa Papua dan Penerimaan Siswa Sulawesi Utara Program Siswa Mengenal Nusantara di Hotel Horison, Jayapura.

JAYAPURA (PB): Pemerintah Provinsi   Papua mendukung diselenggarakannya Program Siswa Mengenal Nusantara, disponsori PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Diketahui Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan bagian dari Gerakan Revolusi Mental Presiden  Joko Widodo dan  Wakil Presiden Jusuf Kalla,  untuk  memperkokoh nilai-nilai persatuan dan kesatuan, serta rasa persaudaraan dan kebersamaan antar sesama anak bangsa  dari  Sabang  hingga Merauke.

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH dalam sambutan tertulis yang dibacakan  Kepala Biro Otsus   Pemprov Papua Aryoko Rumaropen, menjelaskan, program  Siswa Mengenal Nusantara menjadi salah-satu program yang sangat tepat  sebagai wahana untuk lebih mengenal Nusantara secara utuh, dalam bingkai NKRI.

Papua  dengan luas tiga  kali Pulau Jawa,  penduduknya hanya 1 persen dari penduduk Indonesia.   Terdapat 29 Kabupaten/Kota, 385 Distrik/Kecamatan, 3,619 Desa/Kampung, 250 Suku, dan  271 Bahasa Daerah.

“Tapi  Papua  tetap menggunakan bahasa  Indonesia sebagai bahasa persatuan. Kami juga kaya SDA,  jadi silakan belajar dan mencari pengalaman di Papua,” ujarnya sesaat sebelum membuka Penerimaan Siswa  Sulawesi  Utara  Program Siswa Mengenal Nusantara di  Hotel Horison, Jayapura, Sabtu (22/7/2017) pekan kemarin.

Katanya, pemerintah provinsi memberikan apresiasi khusus kepada PT. Semen  Indonesia Persero, Tbk  atas kontribusinya membangun  negeri melalui  pengenalan kebudayaan bangsa dan peningkatan jiwa  kebangsaan yang tinggi melalui Program Siswa Mengenal Nusantara,  yang  merupakan  bagian dari  rangkaian sinergi BUMN hadir untuk negeri.

“Semoga ke depan program ini terus berjalan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi negeri ini,” harapnya.

Sementara itu, Agung Yunanto menuturkan, Program Siswa Mengenal Nusantara diikuti  dari Papua sebanyak 31 siswa-siswi dan 3 orang pendamping  yang akan dikirim ke Sulawesi Utara. Demikian juga dari Sulawesi Utara ada 20 siswa-siswi dan 3 pendamping yang akan mengikuti rangkaian acara di Provinsi Papua.

Tujuan  dari Program Siswa Mengenal Nusantara, terangnya, untuk menanamkan rasa  bangga dan  cinta  Tanah Air sejak dini kepada siswa SMA, SMK dan     SLB, untuk lebih  mengenal kekayaan  Nusantara dan potensi daerah melalui interaksi langsung siswa dengan pemerintah dan komponen masyarakat di Provinsi  yang dikunjungi. (YMF)

Facebook Comments Box