Bersama Polsek Abepura, Bapenda Papua Jaring Wajib Pajak di Jalan

Razia oleh Bapenda Provinsi Papua bekerjasama dengan Polsek Abepura.

JAYAPURA (PB) – Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya pada sektor penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Papua bekerjasama dengan Polsek Abepura menggelar sweeping menjaring wajib pajak yang belum membayar pajak di Kantor Otonom Kotaraja, Jumat (28/7/2017) pagi.

Pantauan media ini di lapangan, razia yang digelar khusus bagi kendaraan roda dua maupun roda empat ini, banyak yang terjaring. Para petugas menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan. Jika di sela-sela pemeriksaan ditemukan wajib pajak yang belum membayar pajak kendaraan, petugas Bapenda meminta masyarakat untuk membayar di tempat.

Kepala Bapenda Papua, Gerzon Jitmau, SH.MH kepada wartawan di sela razia menjelaskan, bagi pengendara yang diketahui tidak membayar pajak kendaraan diwajibkan langsung membayar. “Operasi ini akan dilaksanakan secara rutin sebagai upaya meningkatkan pendapatan daerah,” akunya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan kepolisian menggelar operasi terpadu untuk menjaring penunggak pajak kendaraan bermotor akan dilaksanakan secara rutin yang akan dilakukan setiap bulan sebagai upaya meningkatkan pendapatan daerah.

“Razia atau sweeping yang kita lakukan ini fokusnya untuk penjaringan kendaraan yang pajaknya sudah mati untuk selanjutnya diproses,” terangnya.

Kata Jitmau, kesadaran masyarakat terkait membayar pajak itu kewajiban sebab bagi masyarakat yang mempunyai kendaraan harus tertib hukum dan tertib aturan serta tertib kewajiban dalam menggunakan fasilitas Negara.

Jitmau menghimbau dalam menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat harus taat sebagai pengemudi baik STNK maupun surat-surat yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.

Ia menjelaskan, pajak dari rakyat tentunya akan kembali bagi masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan, pada berbagai sektor baik pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Papua agar taat pada aturan, agar berbondong-bondong ke Samsat untuk membayar pajak kendaraan. Sebab kunci pajak merupakan salah satu modal pembangunan kita, jadi masyarakat wajib pajak,” ajaknya.

Ia mengakui, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak memang perlu ditingkatkan dengan berbagai cara salah satu cara dengan melakukan sweeping gabungan. (YMF)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *