Lima Venue PON XX Papua Akan Dibangun Kementerian Pupera

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Yusuf Yambe Yabdi.

JAYAPURA (PB) – Lima venue Cabang Olahraga (Cabor) yang akan digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua akan dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-Pupera)

Hal itu diungkap Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Yusuf Yambe Yabdi kepada wartawan di Abepura, Kota Jayapura, Selasa (1/8/2017).  Kata dia saat ini  Pemerintah Provinsi Papua sudah berkoordinasi dengan Kemenpupera yang dipimpin langsung Sekda Papua  Hery Dosinaen.

Kata Yusuf, pembangunan 5 venue PON yang dibiayai APBN antara lain, pembangunan venue Aquatic, Lapangan Hockey Indoor, Pembangunan Istora Papua Bangkit, Venue Cricket dan venue Velodrome. “Kelima venue ini dibangun dengan anggaran APBN yang sudah dijanjikan oleh Presiden Joko Widodo sebesar Rp 1.6 triliun,” terangnya.

Pembangunan venue ini, akan dimulai tahun 2018. “Yang jelas anggaran ini masuk dalam dana dekonsentrasi atau penganggaran seperti apa yang dijelaskan Menteri PU bahwa akan membangun lima venue tersebut tahun 2018 mendatang,” paparnya.

Dengan pembangunan lima venue ini Kemenpupera maka Provinsi Papua tinggal mengurus masalah akomodasi karena masalah pembangunan infrastruktur venue sudah tuntas. Kendati demikian, pihaknya berharap di akhir tahun 2018 semua venue sudah selesai dibangun.

Dalam waktu dekat, pihaknya sudah bisa mengumumkan 38 cabor yang telah diputuskan dan akan dipertandingkan di lima wilayah cluster setiap cabor tersebut. “Yang jelas Kabupaten Keerom juga masuk untuk pertandingan cabang olahraga Futsal,” tandasnya. (YMF)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *