Badan Penghubung Papua Siap Berperan Sukseskan PON Papua

Kepala Disorda Papua, Yusuf Yambe Yabdi menyerahkan manajemen multievent penyelenggaraan PON XX kepada Kepala Badan Penghubung Papua Alexander Kapisa usai sosialisasi PON, Selasa, 10 Oktober 2017 di Jakarta

Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta berkomitmen siap berpartisipasi aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 di Provinsi Papua.

JAKARTA (PB)-Untuk pertama kalinya, dalam sejarah, Provinsi Papua, salah satu daerah gudang atlit di Indonesia yang banyak menyumbang prestasi dan mengharumkan nama bangsa di bidang olahraga, dipercayakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020. Sejumlah kegiatan untuk mendukung even ini pun dilakukan oleh Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Provinsi Papua selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, termasuk melakukan sosialisasi ke OPD lain di Provinsi Papua guna mendapatkan dukungan, kesepahaman dan komitmen bersama mendukung PON Papua.

Seperti pada Selasa, 10 Oktober 2017, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi datang ke Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta untuk melakukan sosialisasi atau pemaparan materi terkait even empat tahunan ini. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Badan Penghubung Papua, Alexander Kapisa beserta seluruh stafnya.

Para staf Badan Penghubung Papua tengah serius mengikuti pemaparan materi dari Kepala Disorda Papua

Menurut Yusuf, PON XX Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Provinsi Papua adalah program strategis, besar, dan membanggakan,  baik  bagi pemerintah daerah di provinsi dan kabupaten/kota maupun bagi masyarakat Papua pada umumnya. Sebab akan menjadi sejarah bahwa Papua diberi kepercayaan besar untuk menggelar even olahraga bergengsi ini.

“PON XX nanti merupakan momentum bagi kita orang papua utuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu melaksanakan perhelatan olahraga besar di Papua sehingga kita bisa dipandang sejajar dengan wilayah lain di Indonesia. Dan bahwa Papua aman bagi siapa saja yang akan datang. Oleh karena itu kita harus siapkan diri agar sukses menjadi tuan rumah nanti,” kata Yusuf.

Menurut Yusuf, pelaksanaan PON XX Papua ini nantinya akan digelar di beberapa kabupaten/kota seperti di Jayapura, Timika, Merauke, Biak, dan Wamena. Sejumlah venue pun sedang dibangun saat ini.

“Penyebaran tempat pertandingan ke beberapa Kabupaten/Kota dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan Papua, pariwisata Papua, dan infrastruktur dasar di berbagai daerah di Provinsi Papua karena tentunya akan dibangun infratsruktur pendukung pelaksanaan PON di sekitar lokasi pertandingan atau perlombaan. Hal ini kami sampaikan kepada Bapak Presiden pada saat Sidang Kabinet Terbatas tanggal 19 Juli 2017 lalu,” kata Yusuf.

Kepala Disorda Papua dan Kepala Badan Penghubung saat memberikan materi.

Pada kesempatan sosialisasi itu, Yusuf juga menjelaskan tentang strategi penanganan selama persiapan Pelaksanaan PON Papua. Di antaranya, penyiapan Instruksi Presiden (Inpres) sebagai tindak lanjut dari hasil sidang kabinet terbatas 19 Juli 2017, penyiapan venue pertandingan atau perlombaan, strategi penanganan peserta dan official pada saat pelaksanaan PON sampai strategi pasca PON dilaksanakan.

“Jadi kami akan membutuhkan banyak dukungan dan bantuan dari berbagai pihak untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX ini. Saya sangat berharap Kantor Penghubung Papua, dalam hal ini kepala kantor dan seluruh staf berkenan untuk mendukung dan membantu kami, mulai saat ini sampai pelaksanaan PON. Karena posisi Kantor Badan Penghubung di Jakarta sangat strategis maka kami sangat berharap untuk melakukan kerjasama,” tegas Yusuf yang juga Sekretaris Umum PB PON XX Tahun 2020.

Sementara itu Kepala Badan Penghubung Papua di Jakarta, Alexander Kapisa berterima kasih kepada Kadispora Provinsi Papua dan menyambut baik sosialisasi ini. Ia dan seluruh stafnya juga menyatakan komitmen untuk siap mendukung penyelenggaraan PON XX di Papua melalui koordinasi dan tupoksi kerja mereka.

Foto bersama usai kegiatan sosialisasi PON.

“Kami sangat senang dan berterimakasih atas kepercayaan Bapak Kadisorda kepada kami. Sebagai bagian dari pemerintah Provinsi Papua, kami akan bekerjasama dan mendukung dengan sepenuh hati kegiatan PON XX tahun 2020,” kata Alex.

Menurut Alex, sejauh ini, OPD yang dipimpinnya bekerja berdasarkan visi dan misi Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SE.MM yakni mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Oleh karena itu, sebagai sebuah perhelatan akbar yang mengangkat nama Papua di kancah nasional, pihaknya siap untuk berpartisipasi aktif mendukung penyelenggaraan PON XX.

“Tentunya even ini akan membangun kebanggaan bagi rakyat Papua. Bertahun-tahun kita belum pernah menjadi tuan rumah PON. Semoga dengan menjadi tuan rumah, bisa ikut mendongkrak pembangunan ekonomi di Papua, tentunya paling utama kita harapkan adalah meningkatan prestasi Papua di bidang olahraga. Dari dulu kita ini dikenal gudang atlit. Kita harus bangkitkan kembali kejayaan itu,” tegas Alex. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *