Lukas Enembe menyalami para pedagang Pasar Central Faidoma Darfuar Biak saat melakukan kampanye tatap muka di Biak Numfor, Kamis (8/3/2018).

BIAK (PB)—Calon Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH disambut hangat Mama-Mama Pedagang di Pasar Ikan Biak Kota dan Pasar Central Faidoma Darfuar Biak saat melakukan kampanye tatap muka di Biak Numfor, Kamis (08/03/2018).

Sejak kedatangannya dengan pesawat pagi di Bandara Frans Kaisepo bersama rombongan, sambutan meriah sungguh tak diduga. Pasalnya, ratusan kader dan simpatisan dari Partai Koalisi Papua Bangkit II (KPB II) tingkat Kabupaten Biak Numfor ditambah lagi masyarakat umum sudah memadati VIP Bandara Frans Kaisepo menyambut Lukas.

Calon gubernur nomor urut 1 yang berpasangan dengan Klemen Tinal, SE.MM ini hadir di Biak didampingi Ketua Tim KPB II, Mathius Awoitauw, Ketua Tim Kampanye KPB II, Yunus Wonda, termasuk Calon Bupati Biak Numfor, Nichodemus Ronsumbre.

Lukas Enembe menyapa Mama-Mama Pedagang Papua di Pasar Ikan Biak Kota.

Dari Bandara mereka langsung menuju Pasar Ikan Biak Kota. Di sana, Lukas langsung disambut oleh ratusan pedagang sayur dan ikan sambil bersalaman. Rasa kegembiraan para pedagang tampak terlihat di wajahnya karena memang mereka senang dan bangga ada Gubernur Papua yang datang melihat mereka secara langsung. Dan…satu persatu pedagang menyampaikan keluh kesahnya. Bahkan, dalam kesempatan itu, Lukas mendengarkan mereka sambal memotong seekor ikan yang dijual pedagang.

“Jadi keinginan pedagang di sini khususnya masyarakat nelayan ingin menetap berjualan di lokasi itu. Mereka tidak ingin pindah meskipun lokasi itu bukan milik mereka. Untuk lokasi memang sudah sangat bagus karena pelabuhan untuk nelayan membawa ikan ke darat sudah dibangun. Namun sekarang yang terpenting adalah bagaimana proses pemasarannya untuk bisa dikirim ke luar Papua. Sumber daya ikan sangat bagus disini sehingga tidak saja didistribusikan di Biak tapi keluar dari Biak” ungkap Enembe di sela-sela meninjau Pasar Ikan.

Lukas mendengar aspirasi pedagang Biak.

Usai blusukan di Pasar Ikan Biak Kota, selanjutnya Lukas Enembe mengunjungi Pasar Central Faidoma Darfuar. Di sana, Lukas juga disambut antusias oleh ratusan pedagang. Beberapa Mama-Mama Papua menyampaikan secara langsung aspirasi mereka tentang los pasar yang belum dimiliki mereka. Lukas juga berdialog dan melihat hasil-hasil bumi yang dijual mereka.

“Dari gubernur ke gubernur, dari bupati ke bupati, kami tidak pernah dilihat di sini. Terimakasih kepada Tuhan karena hari ini Bapak Gubernur Lukas Enembe bisa hadir di sini untuk melihat kami dengan kondisi seperti ini,” kata seorang Mama Papua yang berjualan di pasar itu.

Calon Gubernur Lukas Enembe turun mendengarkan keluh kesah rakyat di denyut jantung ekonomi mereka.

Pada kesempatan itu, Lukas mengatakan, pihaknya menginginkan supaya seluruh Mama-Mama Papua yang berjualan di pasar bersatu dan menjaga kebersamaan. Ia menyampaikan bahwa di era kepemimpinannya bersama Klemen Tinal, mereka telah melakukan sejumlah kebijkan yang membantu kabupaten, termasuk Biak Numfor. Di antaranya, banyak membiayai anak-anak asal Biak Numfor untuk belajar di luar negeri serta memberikan dana Otonomi Khusus sebesar 80 persen ke seluruh kabupaten/kota.

“Saya berharap keluhan dari mama-mama Papua ini menjadi perhatian bagi Bupati Biak Numfor yang maju pilkada tahun ini,” ujar Lukas.

Sesuai rencana, Jumat (09/03/2018), Lukas akan melakukan kampanye ke Kabupaten Supiori dan selanjutnya ke wilayah Meepago meliputi Nabire, Paniai dan Mimika.  (Stysan/Humas KPB II)

Facebook Comments Box