Gubernur Lukas dan Dua Bupati di Papua Jadi Inspirator Pemuda Indonesia

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH saat menerima penghargaan KNPI Award dari Ketua Umum KNPI Rifai M.Darus, SH, Jumat (28/9/2018) di Hotel Golden View Batam.

BATAM (PB)—Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH menerima penghargaan KNPI Award sebagai Tokoh Inspirator Pemuda Indonesia dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pusat, Jumat (28/9/2018) di Hotel Golden View Batam.

Selain Gubernur Papua, juga terdapat dua Bupati di Papua yakni Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak, SH.M.Si dan Bupati Puncak, Willem Wandik, SE.M.Si mendapat penghargaan dari KNPI Award sebagai Pemuda Inspirator Indonesia.

Penyerahan penghargaan itu diberikan langsung oleh Ketua Umum KNPI, M. Rifai Darus, SH di sela-sela pelaksanaan Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurna) KNPI di Batam.

KNPI Award dalam memberikan penghargaan atas dua kategori penilaian yakni seseorang dengan iklas dan terus menerus membantu pemuda Indonesia baik di daerah tempatnya tinggal maupun di luar daerahnya dengan memberikan waktu serta tenaga, pikiran dan materi.

Kemudian kategori kedua yakni seseorang yang dengan segala keadaannya mampu berprestasi dan mengharumkan nama sendiri, kampung halamannya, kabupaten, kota, provinsi serta bangsa dan negara baik didalam maupun luar negeri sehingga menginspirasi pemuda.

“Gubernur Papua, Lukas Enembe dengan kesibukan yang dimiliki masih mau memberikan waktu untuk mengurusi dan membantu pemuda Indonesia,” jelas Ketua Lembaga Survey KNPI, Natalis Situmorang.

Gubernur Lukas mengaku bangga di usia yang tergolong sudah tidak muda namun bisa mendapat penghargaan dari KNPI Award. Ia berterimakasih atas penilaian yang sudah dilakukan survey KNPI sebagai tokoh inspirator pemuda Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Lukas mengajak seluruh pemuda Indonesia khususnya di jaman milenium ikut berpartisipasi dan mengambil bagian dalam pembangunan.

“Saya berharap semua pemuda Indonesia yang tergabung dalam organisasi KNPI dan OKP bisa mempersiapkan diri secara baik khususnya di era milenium ini,” ajaknya.

Bupati Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si saat menerima penghargaan dari KNPI Award sebagai Pemuda Inspirator Indonesia.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi pemuda Indonesia sebelumnya berbeda dengan sekarang ini. Oleh karena itu, pemuda Indonesia harus tangguh, berprestasi, dan memiliki kemampuan dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Gubernur Lukas juga berkeinginan di akhir kepemimpinannya di Papua nanti, semua kader-kader yang sudah diorbitkan, baik itu para bupati dan anggota DPR siap menjadi pengganti dirinya.

“Saya berharap generasi milenial Papua saat ini mempunyai kesempatan untuk lebih luas dari generasi sebelumnya. Untuk itu, mari kita berbuat baik sehingga menjadi pemimpin yang baik secara nasional,” imbuhnya.

Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak, SH.M.Si mengatakan, ia bersyukur karena bisa terpilih dari sekian banyak pemuda Indonesia untuk menerima penghargaan KNPI Award.

Ricky mengaku tidak baru di organisasi KNPI melainkan telah belajar dari tingkat bawah yaitu tingkat kabupaten hingga provinsi dan bahkan di pusat.

“Pemuda mempunyai andil besar untuk negara Indonesia. Pemuda Indonesia berjuang bersama rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Menurut Ricky, tanpa pemuda, negara Indonesia tidak bisa bersatu dari Sabang sampai Merauke.

Sementara itu, Ketua Umum KNPI, M. Rifai Darus, SH mengatakan, pemberian KNPI Award kali ini adalah yang ketiga dan langsung disurvey oleh lembaga KNPI.

“Kami berikan penghargaan KNPI Award kepada Gubernur Papua sebagai tokoh inspirator pemuda Indonesia dengan berbagai kriteria dimana salah satunya adalah terus menerus memberikan perhatian serta mengkaderisasi pemuda Indonesia untuk bangkit menjadi pemimpin di Papua,” kata Rifai. (Gusty Masan Raya/rm)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *