Menpora Akui Papua Sudah Sangat Siap Gelar PON

Gubernur Lukas Enembe menerima cinderamata dari Menpora Iman Nahrawi usai pertemuan di Kantor Kemenpora Jakarta, Kamis (01/11/2018)

JAKARTA (PB)—Di hari ketiga Road Show PON ke sejumlah kementerian/lembaga di Jakarta, Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH beserta rombongan melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga RI d Jalan Gerbang Pemuda No. 3, Kamis (01/11/2018). Lukas disambut hangat oleh Menporaa Imam Nahrawi dan sejumlah stafnya.

Usai pertemuan yang berlangsung kurang lebih sejam, Menpora Iman Nahrawi mengatakan bahwa kehadiran Gubernur Lukas dan rombongan yang menyampaikan progress persiapannya menjadi tuan rumah menandakan Papua benar-benar sudah siap menyongsong dan menyelenggarakan Pekan Olahraga Pelajar maupun Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

“Bapa Gubernur, Pak Sekda, Pak Ketua DPR dan para kepala dinas yang hadir hari telah menyampaikan semuanya. Saya senanng mendengar semua laporan dan ini menandakan bahwa Papua sudah menyiapkan diri menjadi tuan rumah dan siap membuat sejarah yang luar biasa,” kata Imam.

Menpora Imam Nahrawi ketika menjawab pers di Jakarta usai pertemuan dengan Gubernur Lukas Enembe dan rombongan.

Menurut Imam, mungkin saja selama ini ada sebagian rakyat Indonesia pesimis dan mengangap Papua belum siap untuk menjadi tuan rumah PON. Namun, dengan pertemuan ini, Imam telah mendengar langsung pernyataan dari Gubernur Papua Lukas Enembe bahwa Bumi Cenderawasih, Papua kini sudah sangat siap dan yakin bisa menyelenggarakan dan menyukseskan PON XX nanti.

“Intinya yang menjadi fokus pembicaraan kita pada pertemuan hari ini bersama Gubernur Papua yaitu sejumlah venue PON yang dalam waktu dekat ini harus dianggarkan dan dikerjakan tahun 2019. Saya senang sekali dengan tekat yang bulat dari Gubernur Papua yang didukung juga oleh Ketua DPR Papua yang telah menyiapkan berbagai hal untuk menyambut momentum besar PON di tahun 2020,” katanya.

Sementara, terkait peralatan untuk mengisi setiap venue, Imam menyarankan agar Pemprov Papua harus mempertimbangkan waktu pembelian agar tidak mengalami penyusutan, mengingat pelaksanaan pesta olahraga tersebut masih dua tahun lagi.

“Peralatan yang menjadi kebutuhan utama yang harus dilengkapi yang masih kurang, akan  dibantun dengan alat-alat yang dipakai pada saat Asian Games 2018 agar bisa membantu menunjang Popnas dan juga PON XX.,” tegas Imam.

Gubernur Lukas Enembe dan rombongan berpose bersama Menpora Imam Nahrawi usai pertemuan.

Menpora Imam berharap, tekad dan motivasi besar Gubernur Lukas juga harus dibayar mahal dengan pencapaian prestasi yang diraih oleh para atlit Papua nanti. Selain, suksesnya Papua sebagai Tuan Rumah nanti.

“Semoga semangat Gubernur Papua ini memotivasi atlit-atlit di Bumi Cenderawasih ini untuk bisa memecahkan rekor di  level-level internasional ke depan,” katanya. (Gusty Masan Raya/bp).

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *