Sambutan Baik Kementerian Tambah Optimisme Sukses PON Papua

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM

JAKARTA (PB)—Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM mengatakan sebagai provinsi penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, Papua harus mencapai tiga sukses yaitu sukses tuan rumah, sukses prestasi, dan sukses administrasi.

Untuk sukses menjadi tuan rumah, kata Klemen, sudah disiapkan lima cluster PON yakni  Kota/Kabupaten Jayapura, Merauke, Biak Numfor, Mimika dan Jayawijaya dengan empat kabupaten penyanggah yakni Keerom, Tolikara, Supiori, dan Kepulauan Yapen. Dan hal ini membutuhkan dana yang sangat besar.

“Itulah makanya kami lakukan Road Show PON untuk berkoordinasi dengan Kementerian terkait. Hari ini kami ke Kementerian Perhubungan dan Kemendagri, ssambutan mereka sangat luar biasa dan mereka siap untuk membantu sepenuhnya kebutuhan yang diperlukan Pemprov Papua demi suksesnya PON ini,” kata Klemen kepada wartawan di Jakarta usai pertemuan, Kamis siang (08/11/2018).

Suasana pertemuan Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi dengan Wagub Klemen Papua dan rombongan.

Di Kementerian Perhubungan, kata Klemen, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan membantu berkoordinasi dengan para Dirjen memenuhi kebutuhan transportasi dan mengatur lalu lintas menjelang, selama dan sesudah PON berlangsung.

“Kementerian Perhubungan menyatakan siap membantu pemerintah provinsi. Yang berhubungan dengan udara bagaimana, penerbangannya diatur. Disamping itu juga bandara-bandara, tempat kedatangan dan keberangkatan yang masih belum finish pembangunan akan dikejar,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky D. Ambrauw mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk mendata kebutuhan kendaraan operasional di lima wilayah kluster penyelenggaraan PON, yakni Kota/Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, Jayawijaya dan Biak.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky D. Ambrauw saat menjawab pers di Jakarta.

“Kebutuhan kendaraan yang kita butuhkan sekitar seribu, kita juga sudah rapat koordinasi dengan Dirjen Transportasi Angkutan Darat dan Moda, dan dihadiri kepala Dinas perhubungan Kabupaten/kota Papua,” ujar Ricky.

Selain membahas kendaraan untuk operasional PON, kata Ricky, Kemenhub akan membantu Pemerintah Provinsi Papua berupa fasilitas keselamatan jalan (rambu lalu lintas) serta rekayasa lalu lintas.

“Puncak kemacetan pasti terjadi saat pelaksaan PON. Makanya pak Dirjen sudah nyatakan akan membantu Papua untuk bagaimana mengatur rekayasa lalulintas di lima klaster penyelenggaran PON,” kata Ambrauw.

Dari pertemuan itu, lanjutnya, Dirjen Transportasi atau Angkutan Darat dan Moda, sangat mendukung pelaksanaan PON di Papua, dan mereka ternyata selama ini menunggu kami berikan masukan.

Dengan demikian, Dirjen Transportasi atau Angkutan Darat dan Moda akan membentuk tim untuk turun ke Papua, dan kerja sama dengan instansi terkait di Pemprov Papua dalam rangka kebutuhan transportasi darat guna mendukung penyelenggaraan PON Papua.

 

Revisi Inpres dan Dana Tambah Infrastruktur

Di Kementerian Dalam Negeri, Wakil Gubernur Klemen Tinal dalam pertemuannya dengan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Hukum yang juga mantan Penjabat Gubernur Papua Soedarmo membahas revisi Inpres No. 10 tahun 2017 tentang penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 di Papua.

Sekjen Kemendagri Hadi Probowo menyambut Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM yang memimpin rombongan Road Show PON Papua ke kantor Kemendagri Jakarta, Kamis (08/11/2018).

“Lewat Sekjen, Pak Mendagri juga berjanji akan membantu, baik mendukung atau mensupport perubahan atau revisi dari Inpres yang ada. Karena Inpres yang ada saat ini dengan kenyataan yang kita lihat di lapangan. Dimana pada PON nanti kita akan melombakan 45 cabang. Berarti perlu suatu penanganan yang lebih besar,” jelasnya rinci.

Pada kesempatan itu, lanjut Klemen, Sekjen Kemendagri juga menegaskan akan membantu Dana Tambahan Infrastruktur (DTI) untuk membangun venue PON.

“Sampai hari ini, dari dua pertemuan ini, juga pertemuan Gubernur Lukas dengan 5 kementerian di pecan sebelumnya, kami merasa bersyukur bahwa semua berjalan dengan baik dan kami harap masyarakat di Papua tetap optimis turut mendukung Road Show PON ini bahwa kita bisa sukses selenggarakan PON nanti,” kata Klemen.

Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi berfoto bersama Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM dan rombongan usai pertemuan di Kantor Kemenhub Jakarta, Kamis (08/11/2018).

Sesuai rencana, Jumat (9/11/2018), Wagub Klemen Tinal kembali memimpin rombongan Road Show PON Papua ke Kementerian Informasi dan Komunikasi dan Kementerian Pariwisata.

“Mudah-mudahan, mereka juga terbuka untuk mendukung Papua sebagai tuan rumah PON. Agar mereka juga bisa melihat rakyat Papua dapat berdaya di tanahnya sendiri,” tutupnya.

Road Show Wagub Klemen ke Kemenhub diikuti oleh Sekretaris Daerah, T.E.A. Hery Dosinaen, S.IP.M.KP, Asisten I Doren Wakerkwa, SH dana Ketua MRP, Timotius Murib. Turut serta, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemrov Papua, di antaranya Kepala Bappeda Papua, DR. M Musa’ad, Kepala Dinas Perhubungan, Ricky Wambrauw, Kepala Inspektorat, Anggiat Situmorang, SH, Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Daud Ngabalin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kansianna Salle, SH, Kepala Badan Keuangan, Ridwan Rumasukun, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Gerson Djitmau, SH. (Gusty Masan Raya/Julia)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *