Raih Magna Cum Laude, Mahasiswi Ini Harumkan Nama Papua di Amerika

Sherina Fernanda Msen saat mengikuti acara wisuda di Auditorium Universitas Corban Oregon Amerika Serikat, Sabtu (04/05/2019).

OREGON (PB.COM)—Prestasi anak Papua yang menggembirakan datang dari dunia kampus. Sherina Fernanda Msen, mahasiswi asal Papua yang mengenyam pendidikan di Universitas Corban Oregon Amerika Serikat berhasil lulus dengan predikat  Magna Cum Laude atau predikat kehormatan.  Sherina dan  6 mahasiswa Papua lainnya, Sabtu siang (04/05/2019) diwisuda di Auditorium Universitas Corban Oregon Amerika Serikat.

Sherina mengambil jurusan Business Administration program Accounting Leadership And Management. Selain Sherina, mahasiswa asli Papua atas nama Yafeth Werijo yang mengambil jurusan Ministry Linguistics berhasil  mendapatkan penghargaan mahasiswa terbaik.

Sedangkan 4 mahasiswa Papua yang juga diwisuda bersama 285 wisudawan lainnya dari berbagai negara adalah Janet Theresia Matani mahasiswi jurusan Health Science, Maria Magdalena Pallo jurusan Education dan Intercultural, Maria Rosalia  Nasadit dan Marlina Sorabut, jurusan Business Administration program Accounting Leadership And Management.

Tujuh putra putri terbaik Papua yang diwisuda tersebut merupakan mahasiswa asli Papua penerima beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) yang disalurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Sherina Fernanda Msen dan Yafeth Werijo mewakili mahasiswa Papua mengapresiasi program Pemprov Papua dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui beasiswa Dana Otsus Papua.

Gubernur Papua Lukas Enembe berjabatan tangan dengan Sherina Msen yang meraih prestasi Magna Cum Laude.

Keduanya berharap program ini dapat dilanjutkan karena sangat mendukung pendidikan  mahasiswa Papua yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya pertama mengucap syukur kepada Tuhan Jesus dan berterima kasih kepada Gubernur dan pemerintah Papua yang sudah membiayai pendidikan kami,” ujar Sherina.

Yafeth Warijo menambahkan, dia bersama mahasiswa Papua bertekad mendukung pembangunan di Papua sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka tekuni dan pelajar selama berada di luar negeri.

“Kami ingin bantu pemerintah dengan ilmu pengetahuan yang sudah kami peroleh. Terima kasih gubernur dan terima rakyat Papua yang sudah membantu kami belajar,” katanya.

 Dihadiri Gubernur Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH dan rombongan terbang dari Papua ke Amerika untuk menghadiri langsung acara wisuda mahasiswa-mahasiswi Papua ini. Turut serta, Ketua TP PKK Papua Yulce W Enembe, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Papua, Doren Wakerkwa, SH,  Asisten II Bidang Perekonomian Dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Dr.Ir. Noak Kapisa, M.Sc, Kepala Biro Otonomi Khusus (Otsus) Setda Provinsi Papua Aryoko F Rumaropen, SP.Meng, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua di Jakarta, Alexander  Kapisa, ST, Kepala Bagian Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Papua Biro Otsus Setda Papua, Anthony Mirin, S.Sos, Kepala Sub Bagian Administrasi Penyelenggaraan Otsus Biro Otsus Papua, Magadelema Omberef, S.Sos dan staf Biro Otsus Papua, Jefri Rumayomi, SAP, MAP dan Elius Enembe.

Gubernur Lukas menyatakan rasa bangganya karena untuk pertama kalinya menyaksikan langsung wisuda mahasiswa Papua diluar negeri dengan prestasi gemilang ini. Hal ini menunjukkan bahwa putra-putri Papua memiliki kemampuan ilmu pengetahuan yang sangat baik serta ketrampilan yang mumpuni.

Gubernur Bersama Ibu Gubernur dan Rektor Universitas Corban Oregon Amerika Serikat Foto Bersama Dengan Mahasiswa Papua yang diwisuda di Corban Oregon Amerika Serikat.

Menurut Lukas, tujuan dari pengiriman putra putri Papua keluar negeri adalah untuk meningkatkan SDM Papua yang memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan agar nanti dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat di berbagai profesi masing-masing.

“Kita harap mahasiswa Papua yang dapat beasiswa Otsus dapat selesai kuliah dengan prestasi terbaik. Mahasiwa Papua harus bekerja diberbagai bidang di perusahaan-perusahaan yang ada di seluruh dunia agar membawa dan mengharumkan nama Indonesia dan Papua,” ujar Gubernur Lukas.

Secara khusus, Gubernur mengapresiasi mahasiswa Papua yang kuliah di Universitas Curban Oregon Amerika Serikat. Pasalnya, selain mereka dididik secara profersional di berbagai program studi ilmu pengetahuan umum,  anak-anak asli Papua itu juga dibina secara mental dan kerohanian.

“Dengan demikian kita harapkan anak-anak kami ini dapat memiliki ketrampilan dan ilmu pengetahuan yang baik. Tetapi juga memiliki kepribadian, mental dan kerohanian yang baik,”tutur Enembe.

Rektor Universitas Corban Oregon Amerika Serikat, Dr. Sheldon C. Nord menyampaikan kebanggaannya, karena pada wisuda kali ini, 7 mahasiswa asal Papua berhasil lulus dengan nilai yang memuaskan. Bahkan, dua orang diantaranya mendapatkan predikat terbaik  dan penghargaan.

Menurut Sheldon, Universitas Corban sangat terbuka bagi putra-putri Papua yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan di universitas ternama itu.

“Saya menyampaikan selamat datang kepada Pemerintah Provinsi Papua, Gubernur Papua, Mr Lukas Enembe, Mrs Yulce Enembe, Mr. Noak Kapisa, Mr Doren Wakerkwa, Mr, Aryoko Rumaropen and Mr. Alex Kapisa. Hari ini  7 mahasiswa Papua diwisuda dengan prestasi terbaik,” ujar Sheldon di hadapan wisudawan dan ribuan keluarga mahasiswa yang hadir di Salem ibukota negara Oregon Amerika Serikat.

Sheldon menjelaskan mahasiswa yang diwisuda hari ini adalah mereka yang telah siap secara akademis, dan memiliki integritas karakter untuk membuat perbedaan di dunia.

“Mereka secara akademis siap untuk memulai profesi yang mereka pilih.  Mereka memiliki kompetensi  dan karakter serta integritas ilahi. Kami mempersiapkan mahasiswa kami untuk menjadi pemikir yang kompeten, melibatkan warga dan komunikator yang efektif dalam semua bidang kehidupan mereka,” tandas Sheldon. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *