Pemprov Papua Pastikan Harga Bapok Tetap Stabil Jelang Lebaran

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa.

JAYAPURA (PB.COM) – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, harga bahan pokok di wilayah Provinsi Papua khususnya di Jayapura, ibukota Provinsi dipastikan masih dalam kondisi stabil. Hal ini setelah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Papua melakukan inspeksi mendadak di sejumlah tempat, Rabu (29/5).

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa usai sidak mengimbau para pedagang agar tidak menaikkan harga barang khususnya bahan pokok secara berlebihan.

“Jadi harga daging sapi, ayam dan lain sebagainya masih stabil sehingga jika menemukan adanya kenaikan harga yang tidak wajar diharapkan segera melaporkan kepada Pemprov Papua melalui instansi terkait,” ujarnya.

Menurutnya, jika masyarakat menemukan ketidakwajaran harga barang bisa melaporkan pedagang, toko dan lain sebagainya secara detail kepada pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua.

“Setelah laporan tersebut masuk, maka kami akan mengecek langsung ke lapangan sehingga jika benar maka oknum pedagang tersebut akan diberi peringatan ataupun ditindak sesuai aturan berlaku,” tegasnya.

Doren berharap masyarakat Papua yang merayakan Idul Fitri dapat menjalankan hari keagamaannya dengan lancar tanpa harus terganggu dengan harga barang yang tinggi akibat ulah oknum tertentu.

“Diingatkan sekali lagi agar pedagang tidak menaikkan harga semaunya saja karena dapat merugikan masyarakat,” katanya mengingatkan.

Dia juga mengimbau masyarakat agar tidak konsumtif menjelang Hari Raya Idul Fitri sehingga dapat membeli barang-barang sesuai kebutuhan saja dan tidak memicu kenaikan harga barang.

Sidak dilakukan di beberapa titik di antaranya, Pasar Tradisional Hamadi, SPBU, gudang beras dolog, hypermart dan Pelabuhan Jayapura. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *