Keunikan Papua akan Ditampilkan Dalam Kemeriahan Harganas di Kalimantan Selatan

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si.

JAYAPURA (PB.COM) – Puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Indonesia di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, pada 3-6 Juli 2019 mendatang, BKKBN Provinsi Papua dan Tim Penggerak PKK Provinsi Papua sudah siap untuk menampilkan keunikan budaya Papua di stand pameran yang tersedia.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si, kepada pers di ruang kerjanya, Kamis (27/6) pagi menjelaskan, Papua akan menampilkan ciri khas Papua dan pihaknya juga sudah menyerahkan ke  tim penggerak PKK masing-masing kabupaten untuk menampilkan ciri khas daerah masing-masing.

“Stand juga sudah dirancang dengan ciri khas Papua dan akan diisi anyam-anyaman, noken dan produk-produk daerah yang menampilkan kearifan lokal sehingga bisa memberikan cakrawala nuansa Papua,” jelas Sarles.

Harapannya, dari TP-PKK Provinsi Papua juga bisa menampilkan koleksi barang-barang yang baru dan unik. “Jadi ini namanya gelar dagang dan pameran. Ada juga parade perahu hias, dan dari BKKBN Papua sudah siap ikut dalam parade bersama 33 provinsi lainnya di Papua. GenRe (Generasi Terencana) Papua yang nantinya akan menghias perahu dan akan ada yang memakai pakaian adat di dalamnya, ada yang memakai koteka di bagian depan perahu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, puluhan perahu jukung hias (bahasa Banjarmasin untuk perahu hias) asal Kota Banjarmasin akan tampil memperagakkan miniatur masing-masing budaya khas dari 34 provinsi se-Indonesia dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional ke-26 tahun 2019. Mereka akan tampil di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin saat Harganas yang mengusung tema, “Hari Keluarga, Hari Kita Semua”.

Ada 34 jukung nanti yang tampil. Masing-masing jukung membawa khas daerah. Penampilan 34 jukung hias ini, hasil koordinasi antara panitia Harganas dari BKKBN Pusat dengan Pemerintah Kota Banjarmasin. Kota Banjarmasin terpilih sebagai salah satu tempat dari dua tempat yang dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Harganas ke-26. (Frida Adriana)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *