Sebanyak 425 Siswa Dinyatakan Lulus Beasiswa Otsus Papua

Kepala Biro Otonomi Khusus Setda Provinsi Papua, Aryoko A.F. Rumaropen, SP.MEng saat memantau proses tes potensi akademik dan kemapuan Bahasa Inggris dalam seleksi beasiswa Otsus pada 28 Juni 2019.

JAYAPURA (PB.COM)– Pemerintah Provinsi Papua melalui Biro Otonomi Khusus (Otsus), Senin (22/7/2019) secara resmi mengumumkan daftar nama siswa unggul Papua penerima beasiswa Otsus yang dinyatakan lolos Tes Potensi Akademik (TPA) dan kemampuan Bahasa Inggris.

Dari 1477 pelajar yang mengikuti TPA dan kemampuan  bahasa Inggris, 425 siswa dinyatakan lulus

“Yang lulus tersebut terbagi atas 161 siswa untuk studi di luar negeri dan 264 siswa studi di dalam negeri,” demikian Pengumuman Pemerintah Provinsi Papua nomor:480/682/BOK tentang Hasil Tes Potensi Akademik dan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Unggul Papua Tahun 2019 tertanggal 22Juli 2019. Hasil pengumuman ini ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) T.E.A Hery Dosinaen.S.IP.,MKP.,M.Si  atas nama Gubernur Papua Lukas Enembe.S.IP.MH.

Kepala Biro Otonomi Khusus Setda Provinsi Papua, Aryoko A.F Rumaropen,SP.MEng didampingi Ketua Panitia Seleksi Siswa/Siswi Unggul Papua, Anthony M Mirin, S.Sos dalam keterangannya, mengatakan hasil seleksi ini bersifat final. Sebanyak 425 siswa yang dinyatakan lulus Tes Potensi Akademik dan kemampuan bahasa Inggris, selanjutnya mengikuti tes  kesehatan.

“Bagi mereka yang dinyatakan lulus diharapkan segera melapor ke Biro Otonomi  Khusus Setda Papua pada tanggal 24-26 Juli 2019,” kata Aryoko Rumaropen.Tes kesehatan sendiri sedianya dilaksanakan selama tiga hari mulai 29-31 Juli 2019.

Rumaropen kembali menyatakan bahwa 425 siswa yang dinyatakan lulus tersebut  adalah merupakan siswa/siswi terbaik dari tanah Papua dan mereka dinilai secara independen oleh tim Jakarta Internasioanal College (JIC).

Tes Potensi Akademik  (TPA) dan Bahasa Inggris calon Siswa Unggul Penerima Beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua tahun 2019, Jumat pagi (28/6/2019) resmi dibuka Kepala Biro (Karo) Otsus Setda Papua, Aryoko Aryoko F Rumaropen,SP.MEng mewakili Gubernur Papua bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) II Jayapura.

Tes tersebut berlangsung serentak di 10 daerah meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mimika, Kabupaten Yahukimo.

Rumaropen dalam arahannya mengapresiasi dukungan dari instansi teknis dan pemerintah kabupaten/kota yang ikut memfasilitasi pelaksanaan program Pemerintah Provinsi Papua melalui visi dan misi gubernur dan wakil gubernur Papua,  meningkatkan daya Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang handal dan unggul.

Ia juga menginformasikan bahwa peserta tes TPA dan Bahasa Inggris diikuti 1477 siswa dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Papua. Para siswa ini telah melalui seleksi administrasi yang  dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pemberkasan dan seleksi administrasi oleh pihak sekolah (SMA/SMK) dan hasilnya terjaring 2006 siswa. Dari jumlah itu, kemudian berkasnya dikirim ke provinsi dan diseleksi lagi oleh tim seleksi provinsi dan terjaring 1477 siswa.

“Saat tes administrasi, siswa yang lolos adalah sebanyak 1477 siswa. Kemudian mereka mengikuti tes potensi akademik dan kemampuan bahasa Inggris dan dinyatakan lulus 425, sehingga yang tidak lulus adalah 1.052 siswa,” jelas Anthon Mirin yang juga Kepala Bagian Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Papua Biro Otsus Setda Provinsi Papua. (Gusty Masan Raya/Hans Bisay)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *