Perwira Penghubung Kodim Wamena di Dekai, Mayor Infantri Ivan Pambudi didampingi Bupati Abock Busup.

DEKAI (PB.COM)—Tentara Nasional Indonesia (TNI), 5 Oktober 2019 merayakan HUT ke-74. Perayaan bertema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat” ini digelar juga di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua. Bupati Abock Busup, MA bersama Muspida Yahukimo hadir dalam perayaan itu.

Perwira Penghubung Kodim Wamena di Dekai, Mayor Infantri Ivan Pambudi menegaskan bahwa prajurit TNI siap bekerja secara profesional di bidang apa saja untuk membantu kepentingan rakyat di Papua, khususnya di Kabupaten Yahukimo.

“Karena apabila kita profesional pasti akan dicintai rakyat dan semakin dekat sama rakyat. Kita bisa menjadi guru, kita menjadi tim kesehatan untuk membantu kesehatan di sini dan dimana-mana yang belum ada tenaga medisnya,” kata Ivan kepada pers usai perayaan HUT TNI.

Selain itu, Ivan juga berharap ke depan, akan banya pemuda asli Yahuhimo menjadi prajurit TNI. Saat ini, pihaknya sudah membuka pendaftaran untuk test gelombang kedua.

“Silahkan yang mau mendaftar. Dibutuhkan sangat-sangat banyak untuk prajurit Orang Asli Papua apalagi asli pegunungan itu sangat dibutuhkan. Terus terang kemarin hanya satu saja yang lolos. Tapi harapan saya kedepan bisa lebih dari satu. Kenapa? Yang bisa menjaga daerah itu adalah orang asli itu sendiri. Kita hanya membantu,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ivan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Yahukimo untuk menjaga kondisi Yahukimo agar tetap kondusif. Masyarakat diminta tetap menjaga persatuan dan persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku dan agama.

“Keamanan itu sendiri bukan tanggungjawab TNI/Polri sepenuhnya tetapi tanggungjawab bersama masyarakat, baik masyarakat pendatang, masyarakat asli Yahukimo ditambah dengan aparat keamanan bekerja sama menjaga keamanan daerah ini. Apabila sudah bisa menjaga sama-sama yakin Yahukimo akan aman, damai sesuai dengan motto Kabupaten Yahukimo. Itu saja,” tutup Ivan. (Paul Karma/Diskominfo Yahukimo)

Facebook Comments Box