Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua Yulce W. Enembe didampingi Wakil Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua, Yolanda Tinal.

JAYAPURA (PB.COM) – Bidang Konsumsi PB PON Papua, dinilai paling siap dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Bumi Cenderawasih.

Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa usai rapat bersama Bidang Konsumsi PB PON di Gedung Negara Dok V Jayapura, Kamis (31/10).

Menurut dia, kesiapan Bidang Konsumsi PB PON Papua sudah sangat maksimal. Hal itu dibuktikan dengan matangnya perencanaan yang disusun bersama dengan Event Organizer (EO) terkait.

“(soal kendala) tidak ada karena bidang konsumsi didampingi pihak konsultan (EO) yang sangat profesional sekali,” pujinya.

Bahkan, akunya, ini sangat luar biasa program apa yang sudah disampaikan dalam rapat semuanya sangat detail untuk penyiapan konsumsi di seluruh lokasi tempat penyelenggaraan.

Meski begitu, Alex mengingatkan semua pihak di bidang konsumsi agar tetap berkoordinasi dengan seluruh bidang yang ada di PB PON Papua, agar penyiapan kebutuhan bahan makanan bagi sekitar 12.500 atlet, ofisial dan perangkat pertandingan (belum termasuk voulentir dan tamu VVIP), dapat berjalan sesuai rencana.

Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua Yulce W. Enembe memastikan kesiapan bidangnya sudah hampir maksimal. Hanya saja, ia perlu memastikan jumlah orang yang datang ke Bumi Cenderawasih saat PON XX 2020 berlangsung.

“Sehingga kita undang dinas olahraga untuk mengetahui kepastian jumlah orang yang akan hadir saat pelaksanaan PON. Dengan begitu, saat penyediaan makanan nanti, tak ada kekurangan disana-sini,” katanya.

“Sebab kalau kita tidak tahu (jumlah pasti orang yang akan datang pasti makanan akan kurang. Kami pun melibatkan EO yang nantinya akan tangani konsumsi. Bahkan kita juga libatkan KPK dan pihak terkait untuk memantau, supaya suatu saat tidak ada persoalan,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Konsumsi PB PON Papua, Yolanda Tinal. Dikatakan, untuk konsumsi akan melibatkan tim PKK Kabupaten dan Kota, agar dapat ikut mengawasi penyediaan bahan makanan di seluruh klaster penyelenggara PON.

“Kalau ditanya apakah PKK terlibat di kabupaten dan kota penyelenggara PON? Pastinya terlibat. Intinya Ketua PKK Kabupaten dan Kota, terlibat untuk kontrol dan awasi penyediaan konsumsi,” katanya.

Lanjut dia, PKK Provinsi akan turun di setiap klaster, baik di Merauke, Mimika, Kota dan Kabupaten Jayapura untuk melakukan pengecekan.

“Tapi secara umum persiapan kami di bidang konsumsi sudah ok. Dimana kami pun meminta bantuan BPK maupun KPK untuk mengajar kami supaya tertib administrasi,” pungkasnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box