PLN Jayapura Pastikan Agustus 2020 Kelistrikan Vanue PON Rampung

Petugas PLN saat memantau sistem kelistrikan di Holtekamp Jayapura/Istimewa

JAYAPURA (PB.COM) – PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) memastikan kesiapan   kelistrikan di venue PON XX rampung pada Agustus 2020 mendatang. Dimana saat ini ada enam pembangkit skala besar yang sudah beroperasi.

“Kami telah merampungkan,PLTMG Jayapura Peaker sebesar 40 MW, lalu PLTMG Biak 1 sebesar 15 MW, PLTMG Biak 2 sebesar 10 MW, PLTMG Merauke 1 (20 MW), PLTMG Merauke 2 (20 MW), dan PLTMG Nabire 2 (10 MW). Beroperasinya pembangkit-pembangkit baru akan menambah daya mampu atau pasokan daya sehingga sistem kelistrikan dapat semakin andal,” ungkap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B), Ari Dartomo di Jayapura, Rabu (29/1/2020).

Ari menjelaskan, dengan adanya penambahan pasokan daya tersebut, cukup untuk menyuplai venue-venue penyelenggaraan dan pendukung PON XX. “Kami siap membantu menyukseskan PON XX di Papua dari segi kelistrikan. Kami juga menyediakan listrik cadangan menggunakan mobile genset,” jelasnya.

Selain memastikan pasokan daya yang cukup untuk persiapan PON XX, ungkap Ari, pihaknya juga terus melakukan pembangunan baik pembangkit, transmisi, serta Gardu Induk (GI) di Papua Barat, seperti, PLTMG Manokwari (20 MW), PLTMG Sorong (50 MW), SUTT 150 KV PLTMG Sorong – GI Aimas, GI 150 KV Aimas.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pemerintah dalam melakukan pembangunan ketenagalistrikan di Tanah Papua. Kami juga berharap dukungan kepada seluruh stakeholder dan masyarakat untuk mewujudkan Papua Terang,” paparnya.

Menurut Ari, dengan tugas besar yang sedang diemban, PLN berupaya penuh untuk menyelesaikan seluruh tugas tersebut secara maksimal.

“Harapannya, pekerjaan ini dapat selesai tepat waktu, sehingga seluruh masyarakat Papua tanpa terkecuali bisa menikmati listrik dan keandalan sistem serta pasokan listrik saat PON XX aman terjaga,” harapnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *