Tampak artis Mario Lawalata dan rekannya dari tim bola basket Happy Ballers, Jakarta sedang memberi arahan kepada para pemain.

TIMIKA (PB.COM)—Dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang akan diselenggarakan di Papua, Persatuan Basket Indonesia (PERBASI) Mimika menggelar pertandingan persahabatan “Basketball Fun Games” di Mimika Sport Complex (MSC), Sabtu (08/02/2020) lalu.

Tujuan pertandingan ini sebagai ajakan Perbasi dan PT Freeport Indonesia  kepada massyarakat untuk menikmati fasilitas olahraga yang telah rampung dibangun oleh Freeport pada tahun 2016.

“Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat menjadi wadah untuk memperkuat kebersamaan warga Mimika sekaligus ajang untuk saling kenal, dan belajar dalam bidang bola basket. Diharapkan, dengan pertandingan persahabatan ini juga dapat memunculkan bibit-bibit potensial yang berbakat dari Papua,” ujar Cesar Avianto, Ketua Perbasi Mimika.

Acara dimeriahkan oleh tim bola basket Happy Ballers dari Jakarta yang bertanding melawan tim bola basket Karyawan Freeport dan tim basket Komunitas Timika yang digerakan oleh PERBASI Mimika. Happy Ballers merupakan klub basket yang dibentuk pada tahun 2004, beranggotakan sederet selebriti dan atlet basket timnas. Happy Ballers didirikan untuk memberikan motivasi dan sekaligus menghibur masyarakat melalui olah raga basket.

Di tengah permainan mereka, ada saja ulah yang menghibur dari aksi mereka di lapangan. Di antara para selebriti yang hadir memeriahkan pertandingan persahabatan di MSC, Timika-Papua ini, adalah Mario Lawalata, Maria Selena, Rico Ceper, Choky Sitohang, Bams, dan Olivia Zalianty. Beberapa atlet basket timnas yang ikut serta, yaitu Andi Batam dan Romy Chandra. Richard Insane yang merupakan pemain basket “freestyle” pun beraksi ikut meramaikan pertandingan persahabatan tersebut.

Pertandingan pertama melawan Komunitas Basket Timika dimenangkan oleh tim Happy Ballers, namun pada pertandingan kedua pemain Happy Ballers harus mengakui keunggulan pemain dari tim basket Freeport. Selain bertanding melawan dua tim basket, pemain Happy Ballers juga berkesempatan berbagi ilmu teknik dasar bermain basket kepada para siswa-siswi dari Asrama Taruna Papua.

Mereka tampak antusias mengikuti petunjuk Andy Batam dan Romy Chandra. Mereka dilatih cara memegang bola, melempar dan menangkap bola, menggiring bola, dan lay up. Sesi kontes memasukkan bola ke ring juga menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu penonton. Peserta yang berhasil memasukkan bola ke ring mendapatkan merchandise dari Happy Ballers.

Dua artis cantik Olivia Zalyanti dan Maria Selena mengaku terkesan dengan Venue Basket di MSC. Meskipun terletak di ujung Timur Indonesia, tetapi memiliki sarana olahraga yang sangat baik dan representatif.

“Anak-anak Mimika juga sangat berbakat, fisik juga kuat, tinggal tekniknya saja yang perlu diasah. Saya kagum karena selama ini kalau bicara Papua identik dengan sepakbola, tetapi perkembangan basket di Papua ternyata juga luar biasa,” ungkap Olivia Zalyanti.

Selain mengajak masyarakat menikmati keseruan pertandingan dan kontes, masyarakat Timika bisa langsung melihat kemegahan MSC yang dibangun PT Freeport Indonesia dalam upaya mendukung pelaksanaan PON XX di Papua. Rampungnya konstruksi MSC di tahun 2016 tak dapat dipisahkan dari kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI). PT Freeport Indonesia membangun MSC di lahan seluas 12,5 ha milik Pemkab Mimika, dengan nilai mencapai 33 juta dollar AS.

Setelah perhelatan PON XX selesai diadakan, stadion berstandar internasional di Timika ini diharapkan dapat memfasilitasi pelatihan bibit-bibit atlet di Papua. MSC memiliki fasilitas stadion indoor, stadion outdoor, ruang fitness, kantor, ruang medis, kantin, retail store, toilet, dan parkiran yang mampu menampung 500 kendraan, serta ampiteater yang bisa digunakan untuk gathering.

Selain itu, MSC memiliki asrama yang mampu menampung 100 atlet dan official. Untuk stadion indoor bisa digunakan untuk cabang olah raga basket, voli dan badminton, dengan tribun penonton yang bisa menampung 5.500 orang serta 75 kursi VIP. Sedangkan stadion outdoor untuk cabor atletik, memiliki tribun dengan kapasitas 3.500 penonton. Di tribun Barat terdapat 2.100 kursi penonton dan 104 kursi VIP, sementara di tribun Timur terdapat 1.300 kursi penonton dan 56 kursi VIP.

“Tim Happy Ballers ingin menyampaikan aspresiasi kepada PT Freeport Indonesia yang telah mengundang kami pada pertandingan persahabatan ini. Kami harap dengan kehadiran tim Happy Ballers, teman-teman dari Mimika termotivasi untuk meraih cita-cita menjadi pemain bola basket yang profesional. Tentunya dengan fasilitas yang lengkap di Mimika Sport Complex dan pembinaan yang intensif dari PERBASI Mimika, akan lebih banyak lagi pemain-pemain berkualitas yang muncul dari Papua,” ujar Romy Chandra.

Penyelenggaraan acara Basketball Fun Games dengan Happy Ballers terbilang cukup sukses, dan mampu menarik antusiasme masyarakat Timika.

“Kegiatan seperti ini baru kali pertama diadakan di Timika,” ujar salah seorang penonton yang hadir.

“Dengan antusiasme yang begitu tinggi dari warga Timika, kami harapkan talenta-talenta olahraga di Papua, khususnya Kabupaten Mimika dapat berkembang, sehingga Papua dapat lebih berprestasi di tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” ujar VP Corporate Communication PTFI Riza Pratama.

Riza juga mengharapkan dukungan Freeport melalui pembangunan stadion atletik bertaraf internasional, Mimika Sport Complex (MSC) di Timika, Papua dapat dimanfaatkan dan dikelola secara baik, sehingga dengan kerjasama semua stakeholder, PON 2020 di Papua dapat terselenggara dengan baik. (Gusty Masan Raya/PR)

Facebook Comments Box