Suasana pertemuan antara DPR RI dengan Pemprov Papua bahas kesiapan PON XX 2020 Papua.

JAYAPURA (PB.COM) – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mengharapkan masyarakat Indonesia tak perlu ragu lagi dengan keseriusan Papua menjadi tuan rumah PON XX 2020.

“Melihat kesiapan, Papua sudah sangat siap menjadi tuan rumah. Jadi jangan ada keraguan lagi, Papua sangat siap, mari kita sama-sama berikan dukungan agar event Nasional ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Fikri kepada wartawan, Jumat (21/2/2020) saat memimpin rombongan Komisi X DPR RI melihat langsung kondisi venue di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura.

Rombongan didampingi Sekda Papua, Hery Dosinaen, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Alex Kapisa, Sekretaris Kadisorda Idris Salama.

Menurut Fikri, dari sisi kesiapan infrasturktur venue tidak ada masalah, karena semua dalam tahap pekerjaan. “beberapa venue yang dibiayai APBN dan APBD progres rata-rata sudah 80 persen, sesuai jadwal diperkirakan rampung 100 persen pada bulan Juli nanti,” katanya.

Fikri yang juga merupakan Ketua Panja PON Komisi X DPR RI ini mengatakan, Komisi X DPR RI masih terus berkomunikasi dan berdiskusi dengan pemerintah agar pelaksanaan PON di Papua dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

“PON ini untuk pemerataan pembangunan. Dengan ada PON berarti ada pembangunan di situ, kita sudah lihat venue yang ada di Jayapura, semua dibangun dengan standar Internasional, kita juga berharap infrastruktur PON ini dirawat dengan baik pasca-PON,” ujar politisi PKS tersebut.

Fikri mengaku, Komisi X DPR RI dijadwalkan akan kembali lagi untuk untuk melihat test event pada bulan Juli atau Agustus mendatang.

“Kita akan pantau progres persiapan PON di Papua, banyak akses-akses jalan ke venue belum dikerjakan, dari informasi anggaran sudah tersedia, tapi karena mungkin karena masih banyak kendaraan proyek keluar masuk venue sehingga dalam waktu dekat baru dibangun,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments Box