Kepala DKP Papua FX Mote.

JAYAPURA (PB.COM) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua minta kabupaten dan kota membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) untuk ikut menjaga laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX Mote kepada wartawan di Jayapura mengatakan, salah satu tugas dan peran Posmaswas sebagai bagian dari sistem pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan secara keseluruhan. “Posmaswas ini berperan memantau pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang kelautan dan perikanan,” kata Mote.

Ia menjelaskan, kelompok tersebut diharapkan mampu menjaga perairan pantai dan laut Papua sampai sejauh dua mil dari darat. Dimana, wilayah tersebut merupakan wilayah hukum adat sehingga diharapkan warga pun dapat ikut menjaga kelautan Papua.

“Masyarakat yang akan dilibatkan melakukan pengawasan, nantiinya akan difasilitasi oleh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Tak sampai disitu, DKP Papua bakal melibatkan pihak TNI/POlri untuk memaksimalkan pengamanan di laut,” terangnya.

Ia menambahkan, kehadiran Pokmaswas diharapkan menjadi kelompok masyarakat pengawas yang merupakan yang berpotensi ikut secara aktif mencegah penangkapan ikan secara ilegal. Sebab kelompok masyarakat ini juga melibatkan unsur agama, adat, nelayan, petani maupun pengusaha di bidang perikanan.

“Namun yang perlu diingat adalah kewajiban Pokmaswas antara lain, ikut menjaga laut tetap bersih. Juga memastikan agar dalam menangkap ikan para nelayan atau siapa pun jangan sampai menggunakan bom,” terangnya. (Toding)

Facebook Comments Box