Jumlah PDP Tinggi, Jubir Covid: “Masyarakat Mulai Sadar Lapor Keluhannya”

JAYAPURA (PB.COM)—Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) mengatakan masih tingginya jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) merupakan dampak dari bertambahnya pasien positif setiap hari. Hal ini dtunjang juga oleh adanya kesadaran masyarakat untuk melapor keluhannya dan diperiksa petugas medis.

“Saat ini jumlah PDP sebanyak 88 orang atau tambah 5 orang dari hari kemarin sebanyak 83 orang. Angka PDP terus naik ini karen ada korelasi dengan naiknya kasus positif. Jadi kalau positif meningkat, otomatis ODP dan kemudian PDP ikut naik. Itu pertama. Kedua, ini karena masyarakat lebih aware. Ada keluhan-keluhan mereka langsung lapor, bahwa mereka ada kontak dengan orang yang positif. Jadi tidak berarti kita gagal,” tegas Sumule saat menjawab pertanyaan papuabangkit.com pada konferensi pers secara virtual dari Posko Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Selasa (14/04/2020).

Menurut Sumule, per hari ini, hanya ada tambahan 1 kasus positif yakni di Kota Jayapura sehingga jumlahnya menjadi 68 kasus positif di Provinsi Papua. Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.229 orang.

“Ada 15 kabupaten yang entah kenapa, hari ini tidak memberikan laporan perkembangan kasusnya. Padahal, kita sudah sepakat, laporan yang masuk setiap pukul 15.00-18.00 WIT. Sehingga kami di Satgas Provinsi masih punya waktu 1 jam untuk mengolah data. Kami berharap esok mereka bisa beri laporan,” katanya.

Ia juga menegaskan, dalam waktu dekat akan ada beberapa pesawat yang sudah disiapkan oleh Satgas Covid Papua untuk bergerak ke kabupaten-kabupaten guna mengambil sampel pasien yang dinyatakan positif setelah menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT).

“Esok rencananya pertama ke Nabire. Ada beberapa lembaga penerbangan yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk mengambil sampel-sampel itu. Selanjutnya swab yang diambil akan dibawa ke Litbangkes Papua untuk diperiksa menggunakan alat PCR. Kita apresiasi komitmen lembaga penerbangan ini,” kata Sumule.  (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *