Hasil Rapid Test Covid-19, 145 Warga Timika Positif

Data Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Mimika per 27April 2020.

JAYAPURA (PB.COM)—Sebanyak 145 warga kota emas Timika, ibukota Kabupaten Mimika, Papua dinyatakan positif Covid-19 versi pemeriksaan rapid test. Test cepat yang digelar Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika sejak Jumat hingga Senin (24-27/04/2020) ini diikuti 560 warga yang beresiko tertular wabah dari Wuhan ini.

“Secara persentase 25,89 persen (yang positif). Lebih cepat kita menemukan kasus lebih baik untuk langkah penanganan kita, untuk menyiapkan skenario selanjutnya. Tetapi, hasil ini menunjukkan kegagalan physical dan social distancing. Pemerintah sudah sangat serius, tapi kerja sama dengan  warga  belum berjalan maksimal. Untuk menghentikan pandemi ini, peran masyarakat itu yang paling utama,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Mimika, Reynold Ubra.

Namun Reynold menegaskan, Rapid Diagnostic Test (RDT) merupakan upaya deteksi dini dan penjaringan atau skrining kasus. Hasil rapid test positif belum tentu positif pada pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR), begitupun sebaliknya.

Nama-nama dari 145 warga yang hasil rapid testnya positif telah dikirim ke RSUD Mimika untuk pengambilan sampel spesimen swab pemeriksaan RT PCR sebagai golden check infeksi covid-19.

Menurut Reynold, warga yang hasil rapid testnya positif kata Reynold, Tim Gugus Tugas merencanakan isolasi dengan dua strategi. Pertama, jika yang hasil rapid testnya positif merupakan anggota keluarga serumah, maka isolasinya adalah di rumah.

“Kedua, jika hasil rapid test yang positif adalah orang per orang maka akan diisolasi di tempat yang disiapkan pemerintah. Sudah ada yang dirujuk ke shelter,” ujarnya.

Ia menambahkan, rencananya Tim Gugus Tugas dalam waktu dekat akan menentukan wilayah sentinel penularan covid-19. Di wilayah atau kelurahan yang banyak ditemukan kasus positif baik dengan RT PCR maupun rapid test akan diintervensi dengan menerapkan sejenis isolasi wilayah.

“Jika di situ dilakukan intevensi, isolasi maksimal, orang tidak ada pergerakan, maka akan memberikan efek ke wikayah lain, akan memberikan efek ke Mimika,” kata Reynold.

Juru  Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) mengatakan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika per Senin (27/04/2020) sebanyak 45 kasus, dimana 36 sedang dalam perawatan, 6 sembuh dan 3 meninggal.

“Hari ini ada dari Mimika ada tambahan 4 kasus,” kata dr. Sumule saat memberi keterangan pers secara virtual dari Posko Satgas Covid-19 Provinsi Papua.  (Gusty/Burhan)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *