Kepala BPN Papua Minta Dukungan Pemprov dalam Program Pertanahan

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Papua, Jhon Wiklif Aufa dan jajaran bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara, Senin (7/9/2020).

JAYAPURA (PB.COM) – Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Papua, Jhon Wiklif Aufa bertemu Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta dukungan Pemerintah Provinsi Papua dalam melakukan program pertanahan.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Papua, Jhon Wiklif Aufa usai melakukan bertemu gubernur, Senin (7/9/2020) di Gedung Negara mengatakan, sebagai anak adat, ia datang melakukan koordinasi dengan gubernur, sebab banyak kegiatan yang membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah seperti penertiban asset milik Pemda dan sertifikat tanah Pemda.

Menurutnya, banyak program BPN yang membutuhkan dukungan dari Pemprov maupun pemda kabupaten/kota seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan retribusi.

Selain itu, katanya banyak kabupaten pemekaran berada dalam kawasan huta sehingga perlu dilakukan sertifikasi yang mana juga membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah.

“Prinsipnya untuk membangun Papua untuk Indonesia, Papua bisa maju kalau semua akses terbuka,” tandasnya.

Selain itu, melakukan koordinasi dengan Pemprov Papua terkait bantuan pengiriman anak-anak Papua sekolah pertanahan diluar.

“Pemprov pernah membantu BPN mengirim anak-anak Papua sekolah keluar, namun sempat terhenti, saya minta pak Gubernur untuk dilanjutkan kembali agar semua kabupaten/kota ada anak-anak Papua yang kerja di BPN,” jelasnya. (Toding)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *