Pertemuan antara Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) Vitaly Glinkin dengan Kepala BPSDM Papua didampingi Kepala Bidang Pengembangan SDM Affirmasi BPSDM Papua, Kamis siang (10/9/2020), di Kantor Kedutaan Besar Rusia Jakarta.

JAKARTA (PB.COM) – Pemerintah Rusia tahun ini (2020) memberikan beasiswa bagi 10 pelajar Orang Asli Papua (OAP) dan siap memfasilitasi mereka melanjutkan studi untuk peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang farmasi, penelitian dan laboratorium.

Pemerintah Rusia berkeinginan agar putra-putri asli Papua dapat bergabung dengan peneliti-peneliti Rusia untuk melakukan riset bersama guna menciptakan vaksin yang dibutuhkan masyarakat dunia saat ini seperti vaksin virus Corona (Covid-19) dan lainnya.

Hal itu dikemukakan Vitaly Glinkin, Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia saat pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, Aryoko AF Rumaropen, SP.M.Eng dan Elius Enembe, S.Kep.MM, Kepala Bidang Pengembangan SDM Affirmasi BPSDM Papua, Kamis siang (10/9/2020), di Kantor Kedutaan Besar Rusia Jakarta,

“Kita berharap kerjasama Pemerintah Rusia dan Pemerintah Provinsi Papua dapat memfasilitasi putra-putri Papua melanjutkan studi dan penelitian di bidang Farmasi dan Laboratorium sehingga mereka dapat bergabung dengan peneliti-peneliti Rusia untuk membuat vaksin yang dibutuhkan dunia,” ungkap Vitaly.

Glinkin mengatakan kerjasama pendidikan dan pengembangan SDM antara Pemerintah Rusia dan Pemprov Papua berlangsung sangat baik. Semenjak tahun 2016 hingga 2019, Pemerintah Rusia memberikan beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa Papua untuk melanjutkan studi di negara berjuluk Beruang Merah itu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Papua yang memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik anak-anak Papua di Rusia. Saya berkeinginan berjumpa langsung dengan bapak gubernur dan wakil gubernur di Jayapura Papua,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen, SP.M.Eng atas nama Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH dan Klemen Tinal, SE.MM menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Rusia yang komitmen membantun pengembangan SDM asli Papua.

“Bapak gubernur dan wakil gubernur Papua menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Rusia yang menerima dan memberikan kepercayaan kepada anak-anak asli Papua melanjutkan kuliah di Rusia,” ujarnya.

Menurut Aryoko, Gubernur Dan Wakil Gubernur Papua terima kasih kepada Pemerintah Rusia yang telah menyalurkan bantuan beasiswa bagi pelajar mahasiswa OAP.

Tahun 2019, lanjut Kepala BPSDM, sebanyak 26 pelajar mahasiswa Papua dikirim ke Rusia dan 14 diantaranya mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Rusia. Dan tahun 2020 juga diberikan beasiswa kepada 10 pelajar mahasiswa OAP. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box