Pasangan calon bupati dan wakil bupati Supiori periode 2020-205, Drs. Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre ketika disambut dengan tim penari di dermaga Sowek, Sabtu (03/10/2020).

 

SOWEK (PB.COM)—Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Supiori periode 2020-2025, Drs. Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre, Sabtu (03/10/2020) menggelar kampanye dialogi di Sowek, Kepulauan Aruri. Puluhan warga antusias menyambut pasangan yang dikenal dengan IMANI ini, sekalipun hujan deras mengguyur wilayah itu.

Pasangan IMANI nomor urut 5 ini bersama para pendukung terlebih dahulu berkumpul di posko induk di Sorendiweri, sebelum bertolak menuju Korido dan selanjutnya menggunakan motor tempel menuju Sowek dengan waktu tempuh 30 menit.

Di Sowek, setelah berdoa bersama, Yan dan Nicho diarak untuk meninjau dan meresmikan beberapa posko pemenangan dan menyapa warga di tiga kampung yakni Kampung Rayori, Mbuwandi dan Kampung Manggoswan. Inilah pasangan yang paling dinantikan warga setempat. Mereka sangat antusias  menyambut kedua sosok fenomenal ini.

Setelah menyapa warga, keduanya mengunjungi dan melihat dari dekat pembangunan gedung gereja Jemaat GKI Elim Sowek yang masih dalam tahap pembangunan. Selanjutnya kedua paslon mengunjungi makam Mantan Bupati Supiori, Alm Fred Menufandu dan mulai berkampanye di tengah warga yang sudah menanti dari pagi hari.

Kampanye paslon IMANI dibatasi dan diikuti oleh 50 orang pendukung, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Calon Bupati Kabupaten Supiori, Drs. Yan Imbab mengatakan bahwa pasangan IMANI sejati merupakan pasangan perpaduan yang diharapkan bisa menang dan berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Supiori.

”Jadi pasangan IMANI tentu melihat bahwa apa yang sudah dibangun oleh Alm. Fred Menufandu dan saya pada waktu lalu harus dilanjutkan. Apalagi visi dan misi masih relevan dengan kondisi Supiori saat ini, maka kami perlu mengangkat itu menjadi program prioritas kami,” ujar Yan usai berkampanye di Sowek.

Menurut Yan, pihaknya mengusung visi menjadikan Kabupaten Supiori sebagai kabupaten yang unggul di bidang pariwisata, kelautan dan perikanan menuju masyarakat yang adil, sejahtera dan bermartabat.

“Kami juga memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun infrastraktur,” ujarnya.

Tingkatkan Ekonomi, Tata Birokrasi

Yan Imbab menjelaskan, pasangan IMANI mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pemberdayaan ekonomi rakyat di sektor pariwisata, perikanan dan kelautan yang berbasis pada budaya lokal dan home industri secara koperasi yang didukung sektor-sektor lainnya.

“Kami juga mendorong pembangunan infrastruktur jalan baik itu jalan, jembatan, kelistrikan, air bersih, transportasi darat dan laut, jaringan telekomunikasi, perumahan rakyat dan penataan ibukota Sorendiweri,” uarainya.

Ia menegaskan bahwa saat ini masyarakat Supiori tidak mendapat pelayanan publik yang baik. Oleh karena itu, paslon IMANI siap wujudkan peningkatan pelayanan publik di bidang pendidikan, kesehatan serta perkonomian rakyat dan penataan pemerintahan kampung.

“Kami siap merintis perdagangan antar daerah, dengan penataan standarisasi mutu produksi dan manajemen promosi/pemasaran yang baik,” urainya.

Yan berkomitmen memperbaiki carut marut birokrasi Supiori saat ini dengan mewujudkan reformasi birokrasi. Tak hanya itu. Reformasi politik hingga pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) juga menjadi perhatian.

“Kami juga komitmen untuk menjaga stabilitas keamanan daerah ataupun kawasan perbatasan, termasuk upaya untuk membudidayakan prinsip sikap TRIDAR (Sadar Hak dan Kewajiban Pemerintah, Sadar Hak dan Kewajiban Rakyat, serta Sadar Hak dan Kewajiban Pribadi Secara Berkelanjutan,” bebernya.

Yan imbab menilai pasangan IMANI sangat menguntungkan jika terpilih mengingat Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe,SIP,MH dan Ketua DPD Golkar Papua, Klemen Tinal, SE,MM merupakan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua saat ini sehingga memudahkan simergitas program antara Pemerintah Kabupaten Supiori, Pemprov Papua dan juga pemerintah pusat.

Sementara Calon Wakil Bupati, Nichodemus Ronsumbre menuturkan pasangan IMANI ini adalah pasangan yang cocok sekali, Jika menilik keberadaan dari partai koalisi yakni Partai Demokrat dan Partai Golkar.

“Jika kita berbicara tentang partai koalisi, saya pikir, koalisi jelas, terutama koalisi di tingkat provinsi, tanpa kita sampaikan orang sudah tahu bahwa pak Gubernur dan pak Wakil Gubernur ada di kita, makanya momentum ini yang ingin kita sampaikan ke masyarakat agar masyarakat jangan salah pilih,” tuturnya.

Nicho memastikan jika IMANI memenangkan Pilbup Supiori, maka sudah tentu akan memudahkan sinergitas antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat. Sinergitas ini menjadi modal penting bagi pelaksanaan pembangunan bagi masyarakat Supiori lima tahun mendatang.

“Kita mau di masa kerja pak Gubernur selama tiga tahun ke depan ini, jika Tuhan sayang bapak Yan Imbab dan Nicho Ronsumbre terpilih, maka kita buka itu kran dari Provinsi, dan saya pikir ini bukan cerita bohong kemarin saya bersama bapak Imbab bertemu langsung dengan pak Gubernur, dan beliau sampaikan itu,” kata Nicho.

Namun tentu saja apabila masyarakat Supiori salah pilih, maka dipastikan kran komunikasi antar pemerintah kabupaten dan provinsi akan mandek yang berdampak pada pembangunan berkelanjutan di Supiori.

“Jangan kita memilih karena uang, harus lihat figure. Sebab lima tahun ke depan yang merasakan dampak baik dan buruknya itu adalah masyarakat. Jadi jangan salahkan kami lagi dan ini sdh menjadi komitmen kami. Ini juga komitmen dari pak Gubernur bagi masyarakat Supiori,” pesan Nicho. (Yamander Yansenem)

Facebook Comments Box