Kendati Dipastikan Menang, Yanim Minta Pendukung IMANI Tenang dan Kawal Penghitungan Suara

Calon bupati Kabupaten Supiori, Drs Yan Imbab dan Calon wakil bupati Supiori, Nichodemus Ronsumbre di sela-sela kampanye di Sorendiweri, pekan kemarin.

 

SUPIORI (PB.COM)—Pesta Demokrasi bertajuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kabupaten Supiori, Provinsi pada Rabu (09/12/2020) berjalan sukses. Berdasarkan hasil hitung cepat timnya, pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Supiori, Drs. Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre dipastikan unggul dari tiga kontestan lainnya.

Data tabulasi suara model C.1 Hasil Salinan-KWK yang dihimpun oleh Tim Koalisi Seniman IMANI hingga Kamis (10/12/2020) pukul 11.25 WIT, Yan dan Nicho yatau akrab dikenal IMANI meraih suara sebanyak 4.172 atau 31 persen dari suara yang masuk 13.508. Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya sebanyak 16.841.

IMANI unggul dari pasangan calon, Ruth Naomi Rumkabu dan Yan Piet Karel Pariaribo yang mendapat suara 3.304 atau 24 persen. Disusul oleh pasangan calon Ronny SG Mamoribo dan Albert Rumbekwan yang mendapatkan suara 2650 atau 20 persen dari suara yang masuk  13508 dari total DPT 16.841.

Selanjutnya pasangan calon Obeth Rumabar dan Daud Marisan yang mendapatkan suara  2223 atau 16 persen dari suara yang masuk  13508 dari total DPT 16.841. Sementara posisi terakhir ditempat oleh pasangan Jacobus Kawer dan Salomo Rumbekwan yang mendapatkan suara 1159 atsu 9 persen dari suara yang masuk  13508 dari total DPT 16.841.

Kendati berpeluang besar menang, Calon Bupati Kabupaten Supiori, Drs. Yan Imbab meminta pendukungnya untuk tetap tenang, rendah hati, dan terutama sama-sama mengawal perhitungan suara dari TPS ke tingkat PPD hingga pleno di KPU nanti.

“Jadi berdasarkan hitungan yang dilakukan oleh tim, kita unggul dengan suara 4.172 atau 31 persen dan diikuti oleh paslon lainnya,” kata pria yang akrab disapa Yanim ini  dalam keterangan pers di Sekretariat Bersama Paslon IMANI di Supiori, Kamis (10/12/2020).

Menurut Yanim, dengan melihat presentase suara yang ada, tentu pihaknya optimis dapat memenangi Pilkada serentak 2020 di Supiori, mengingat selisih suara dengan paslon yang lain cukup jauh dan sulit terkejar.

“Penyelenggaraan pilkada serentak di Supiori berjalan dengan baik, tentu berkat kerja keras dari KPU, Bawaslu dan tentu pihak keamanan. Kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” tegasnya.

Yanim mewakili calon wakil bupati dan seluruh timnya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendukung dan juga masyarakat Supiori yang mana bersama-sama telah menjaga keamanan dan ketertiban sehingga tidak terjadi gesekan-gesekan ditengah-tengah masyarakat.

“Kami harapkan teman-teman paslon juga bersama dengan para pendukungnya, mari kita bersama-sama menjaga agar pilkada ini tidak terjadi gesekan-gesekan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Yanim mengharapkan kepada semua pendukung dan masyarakat Supiori agar tidak larut dalam euforia kemenangan, tetapi tetap menunggu hingga pleno penetapan KPU Supiori.

“Jangan lupa, kawal terus penghitungan suara,” tegasnya.  (Gusty/Yamander)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *