drg. Aloysius Giyai, M.Kes didampingi istri sesaat sebelum meniup lilin ulang tahun.

 

JAYAPURA (PB.COM)-Tokoh Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes merayakan HUT-49, Rabu (08/09/2021). Sebuah perayaan sederhana digelar di kediamannya di Waena Kampung, diawali dengan ibadah syukur Oikumene dipimpin Pastor John Bunay, Pr dan Pdt. John Baransano, S.Th.

Acara bertema ‘Terima dan Kasih’ ini dihadiri sejumlah anak yatim piatu dari belasan panti asuhan di Kota Jayapura dan Sentani, serta perwakilan tokoh lintas agama, OKP, dan sahabat kenalannya di wilayah Jayapura dan Sentani.

“Sudah 12 tahun saya kerja di OPD Provinsi Papua. Saya berterima kasih kepada Gubernur Suebu dan Gubernur Lukas Enembe yang sudah memberi kepercayaan kepada saya. Karena itu, bertepatan dengan ulang tahun, saya rayakan acara sederhana ini bersama anak-anak yatim, keluarga, dan sahabat kenalan,” kata Aloysius Giyai.

Menurut Aloysius, setiap kebaikan yang diterimanya dari Tuhan selalu ia syukuri dengan cara memberi atau menolong orang kecil. Sebab ia menyadari, hidupnya pun dilewati dengan penuh kesulitan dan penderitaan. Sejak masa kecilnya di Kampung Onago, Deiyai, hingga menjalani pendidikan di Jayapura dan Surabaya, ada banyak orang baik yang mengulurkan  tangan membantunya.

“Karena itulah, saya selalu ingat orang-orang kecil. Selalu mau membantu. Saya rayakan acara ini dalam tema Terima dan Kasih. Saya sudah terima mujizat Tuhan, kesehatan, pekerjaan, rezeki, sahabat-sahabat baik, maka saya harus kasih, harus beri juga kepada sesama saya yang tak mampu. Itu ajaran Katolik yang saya imani dan diwujudkan,” kata mantan Direktur RSUD Jayapura ini.

Sementara itu Pdt. John Baransano, S.Th dalam kotbahnya mengatakan dirinya sangat kagum dengan sosok Aloysius Giyai karena rekam jejak karyanya hari ini tetap terkenang oleh rakyat Papua.

“Hidup kita harus jadi berkat. Tuhan buka mata kita hari ini bahwa ada sosok pemimpin Papua yang hebat seperti Aloysius yang mengajarkan kita selalu bersyukur dalam setiap perkara, sekalipun jabatannya diambil,” katanya.

Pdt. George Sorontouw dalam kesaksiannya mengaku berterima kasih kepada Aloysius Giyai yang selama ini membantu pembangunan gereja yang dipimpinnya.

“Beliau sosok yang berkarakter, punya hati membangun Papua. Papua butuh sosok seperti beliau,” katanya.

Di hari istimewah itu, Aloysius Giyai juga mendapat kado puisi dari anak-anak Panti Asuhan Putri Kerahiman Hawai Sentani. Mereka berterima kasih atas Kartu Papua Sehat yang digagas Aloysius sehingga anak-anak Yatim Papua ini bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Pada kesempatan itu, Aloysius dan ibu juga menyerahkan bingkisan bagi sejumlah panti asuhan, pondok pesantren, dan gereja sebagai bentuk ucapan syukurnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box