DKI Jakarta Geser Tuan Rumah dan Pimpin Klasemen Sementara Perolehan Medali PON

Atlet Sepatu Roda Putri DKI Jakarta berhasil meraih medali emas melalui atletnya (Naura Rahmadija Hartanti) dan medali perunggu oleh Farah Amalia Salsabila Putri (kiri) di nomor Sprint 500m+D Putri Cabang Olahraga Sepatu Roda PON XX Papua di Gedung Kanselir Klemens Tinal Roller Sepatu Roda, Kota Jayapura, Rabu(29/09/2021), (Foto: PB PON XX Papua/Ronaldy Irfak)

 

JAYAPURA (PB.COM)—Kontingen DKI Jakarta, Rabu (29/09/2021) berhasil menggeser tuan rumah Papua dari puncak klasemen sementara perolehan medali pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Berdasarkan informasi yang terpampang di laman website official PON XX hingga Rabu (29/09/2021) pkl. 20.00 WIT, DKI Jakarta berhasil mengoleksi 28 medali, terdiri dari 14 medali emas, 7 perak dan 7 perunggu. Rinciannya, 7 emas DKI Jakarta disumbang dari cabang olahraga (cabor) sepatu roda, 2 dari cricket, 2 dari wushu dan masing-masing 1 emas dari polo air, sepak takraw, dan dayung.

Enam medali perak DKI disebet para atlit sepatu roda dan 1 perak dari cabor dayung. Sedangkan 2 medali perunggu diraih atlit dari cricket, dan 5 cabor lainnya yang masing-masing menyumbang 1 perunggu yakni terbang layang, dayung, panjat tebing, sepak takraw, dan judo.

Di posisi kedua, tuan rumah Papua mengoleksi 25 medali dengan rincian 13 medali emas, 3 medali perak, dan 9 medali perunggu. Sumbangan medali emas Papua terbanyak didominasi atlit cabor sepatu roda dengan 6 medali emas, disusul dayung dengan 2 emas, dan 4 cabor lainnya masing-masing menyumbang 1 emas yakni cricket, terbang layang, panjat tebing, judo dan gantole.

Tiga medali perak tuan rumah disumbang oleh atlit dari cabor cricket, dayung dan sepatu roda. Sementara medali perunggu diperoleh dari sepatu roda (3 medali), dan tiga  cabor lain yang masing-masing menyumbang 2 perunggu yakni sepatu roda, sepak takraw, dan dayung.

Di urutan ketiga, kontingen Jawa Barat menempel ketat Papua dengan mengoleksi 26 medali yakni 8 medali emas, 7 medali perak, dan 11 medali perunggu. Sementara Jawa Timur berada di posisi keempat dengan 11 medali, terdiri dari 1 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Persaingan merebut medali ini dipastikan makin ketat dan penuh kejutan. Sehari sebelumnya, pada Selasa (28/09/2021), tuan rumah Papua memimpin klasemen sementara perolehan medali di event olahraga paling bergengsi tanah air ini dengan mengoleksi 12 medali, disusul DKI Jakarta dengan 10 medali, dan Jawa Barat di urutan ketiga dengan 8 medali. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *