Pelari Jawa Barat Agus Prayogo (076) mengikuti nomor lari 5000 meter PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). PB PON XX Papua/Rommy Pujianto

 

TIMIKA (PB.COM)-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan yang juga selaku Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) membuka perlombaan cabang olahraga (cabor) atletik yang berlangsung di Mimika Sport Complex (MSC), Selasa (05/10/2021).

Pembukaan cabor atletik PON XX Papua ditandai dengan penembakan di titik start, untuk melepas atlet lari 5000 meter putra.

Menko Marves mengatakan bahwa dirinya tidak dapat membayangkan Papua mempunyai tempat olahraga yang megah. Karenanya, ke depan untuk kawasan Indonesia Timur nanti akan dikonsentrasikan perlombaan atletik khususnya di Papua. Hal ini melihat dari segi sumber daya manusia (SDM) Papua yang begitu bagus dari segi Olahraga.

“Kita bangun dari Timur, bangkit dari Timur, kita cari orang-orang yang baik dan juga pelatihnya kita siapkan,” ujarnya.

Menurut Luhut, momen PON XX kali ini tidak hanya perayaan. Namun harus dibuktikan dengan prestasi. Ini merupakan momentum sangat luar biasa dari cabang atletik yang berlangsung di Timika.

“Ini momentum yang baik dari cabor atletik. Untuk dari Papua kalian harus lebih baik dari lainnya. Sekarang kita tunjukkan bahwa Papua punya bakat yang bagus. Kompetisi olahraga kali ini sangat baik. Berjayalah di tanah ‘mutiara hitam’ ini,” ungkapnya.

Sementara Ketua PASI Papua Doren Wakerkwa mengatakan pertandingan ini merupakan sebagai persahabatan dan kekeluargaan yang dirasakan oleh seluruh Indonesia.

Papua ini aman dan damai, sehingga kenyamanan dan keindahan dapat di rasakan oleh para atlet dari berbagai kontingen yang hadir.

“Ambil sisi baiknya untuk bisa dibawa pulang. Sementara sisi buruknya tinggalkan saja di Papua,” ujarnya.

Perlu diketahui, nomor-nomor yang dipertandingkan pada Cabor Atletik, yakni Lari Marathon dan Jalan Cepat digelar di Kuala Kencana.

Sementara arena pertandingan GOR Atletik MSC akan jadi ajang lomba lari nomor 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, 1500 meter, 5000 meter, 10.000 meter, 100 meter gawang, dan 3000 meter strip.

Adapun nomor lempar yang dipertandingkan yakni tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram, dan lontar martel. Sedangkan nomor lompat yakni
lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi dan lompat galah. (Humas PON XX Papua/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box