Sudah Dikendalikan, Pemberitaan Covid di PON Tak Perlu Berlebihan

Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes (Foto: papua60detik.com)

 

JAYAPURA (PB.COM)Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes mengatakan penanganan sejumlah atlet dan ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dinyatakan terpapar Covid-19 berjalan baik. Sejauh ini, tracing terhadap sejumlah orang yang kontak erat dengan mereka juga sudah dilakukan dan menunjukkan hasil yang baik.

“Jadi saya minta tolong media tidak terlalu membesar-besarkan soal Covid di ajang PON XX Papua. Apalagi ini kasus kecil. Kita di Papua beberapa bulan lalu pernah sampai kasus harian mendekati 1.000 kasus saja kita bisa lewati. Apalagi ini hanya 20-an kasus di empat klaster. Saya sudah komunikasi, mereka sedang jalani isolasi, ada yang sudah sembuh. Yang kontak erat dengan mereka juga sudah kita test PCR, hasilnya negatif semua,” kata Robby Kayame kepada papuabangkit.com, Sabtu (09/10/2021).

Menurut Robby, yang paling penting dari itu ialah seluruh masyarakat Papua yang datang menyaksikan pertandingan di semua venue harus menaati protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Ada pun empat klaster penyelenggara PON XX Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

“Kalau syarat utamanya kan harus sudah vaksin dua kali dan ditunjukkan dengan bukti kartu vaksin. Karena itu, kami minta seluruh panitia pelaksana di setiap cabang olaharaga agar tetap konsisten pada aturan itu bahwa hanya yang sudah vaksin dua kali yang boleh masuk menonton pertandingan. Dan kapasitas ruangan hanya 50 persen terisi, dimana tempat duduk yang harus diatur jaraknya,” tegas mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paniai ini.

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) dalam rilis Sabtu (09/10/2021) menyebut ada sebanyak 59 atlet dan ofisial PON XX Papua dinyatakan positif Covid-19.

Ke-59 kasus tersebut terdiri dari Kota Jayapura 17 kasus, Kabupaten Jayapura 17 kasus, Mimika 14 kasus, dan Merauke 11. Dari jumlah ini sebanyak 10 orang sudah dinyatakan sembuh yakni  2 di Kota Jayapura dan 8 di Mimika. Sementara yang lain sedang menjalani isolasi mandiri karena kondisinya tak bergejala.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Selasa (05/10/2021), menyatakan hingga kini pelaksanaan PON XX Papua berjalan dengan baik. Pertandingan berlangsung lancar, sementara Prokes tetap terjaga sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan. Pengawasan bersama dari berbagai pihak termasuk Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), juga terus dilakukan.

“Ini adalah kerja sama semua pemangku kepentingan, semua turun bergotong royong tanpa harus melihat fungsi. Pengawasan juga terus dilakukan berkeliling, bahkan oleh Bapak Kepala BNPB. Bapak Menkes juga menengok langsung pelaksanaan Prokes di lapangan,” tegas Menpora dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9)-KPCPEN. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *