Bupati Spey Bidana: “Aloysius Giyai Adalah Hadiah dan Energi Baru Bagi Pegunungan Bintang”

Bupati Pegunungan Bintang Spey Yan Bidana, ST.M.Si saat menyerahkan SK Pelantikan kepada Plt. Sekda drg. Aloysius Giyai, M.Kes pada acara pelantikan di Aula Kantor Bupati, Senin (25/10/2021).

OKSIBIL (PB.COM)—Bupati Spei Yan Bidana, ST.M.Si Senin (25/10/2021), melantik drg. Aloysius Giyai, M.Kes menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) di Aula Kantor Bupati setempat. Aloysius menggantikan Plt. Sekda yang lama, Hironimus Uropmabin, yang juga menjabat Asisten I Setda Pegubin, yang kini memasuki masa pensiun.

Bupati Spey Bidana dalam sambutannya meminta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan staf untuk mendukung kinerja Plt. Sekretaris Daerah Aloysius Giyai. Sebab baginya, Aloysius adalah sosok birokrat di Papua yang memiliki track record yang bagus dan ia yakin bisa membantu mengendalikan roda pemerintahan dan pelayanan masyarakat, serta menyiapkan kader birokrat ke depan yang siap melayani Bumi Okmin tercinta.

“Selamat datang di Bumi Okmin, Pak Aloysius. Pertama-tama, atas nama seluruh masyarakat dan ASN di sini, kami berterima kasih telah bersedia membantu saya dan wakil untuk mengendalikan pemerintahan, biar kita bergerak maju ke depan. Kehadiran bapak adalah hadiah, motivasi dan energi baru bagi kami untuk bangkit melakukan perubahan di Pegunungan Bintang. Politik hanya lima tahun, tetapi pemerintahan berjalan terus, karena itu harapan kami, siapkan kader birokrat seperti bapak ke depan, ajari dan bimbing mereka.” kata Bupati Spey Bidana.

Bupati dan Wakil Bupati Pegubin dan Forkopimda foto bersama Plt. Sekda Aloysius Giyai.

Menurut Spey, dalam masa kepemimpinannya, ia dan Wakil Bupati Piter Kalakmabik memiliki visi yaitu Terwujudnya Masyarakat Pegunungan Bintang Yang Sehat, Cerdas, Mandiri Secara Ekonomi, dan Menjaga Pelestarian Nilai-Nilai Dengan Pendekatan Budaya dan Pemanfaatan Tata Ruang. Oleh karena itu, ia sangat berharap kepada Aloysius dan jajaran ASN di Pegubin untuk menyiapkan program-program prioritas di setiap OPD guna mewujudkan visi itu.

“Selama delapan bulan kita memimpin, Puji Tuhan ada berbagai terobosan yang kita lakukan. Salah satunya, berdirinya Universitas Okmin. Dan sudah ada 600 mahasiswa baru yang mulai kuliah tahun ini,” kata mantan Kepala Bappeda Pegubin ini.

Spey pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada mantan Plt. Sekda Hironimus Uropmabin yang sudah membantu melakukan penaatan birokrasi selama delapan bulan.

Sementara itu, Plt. Sekda Aloysius Giyai mengatakan, ia sudah lama mengenal kedua sosok bupati dan wakil bupati Pegubin. Oleh karena itu, atas penyelenggaraan Tuhan, ia berkenan hadir untuk membantu keduanya dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pelayanan publik.

“Tetapi tugas ini bukan hal yang gampang, ini mengandung tannggung jawab yang besar. Oleh karena itu, saya butuh masukan dari semua pihak guna menyukseskan visi misi bupati dan wakil bupati. Saya ajak semua jajaran ASN, kita buat hal baru dalam sistem kinerja kita,” ujar Aloysius dalam sambutannya.

Menurut Aloysius, semua tugas adalah panggilan Tuhan. Bupati dan wakil bupati hanyalah alat yang dipakai Tuhan untuk memberi kepercayaan. Karena  itu, baik ASN, para kepala OPD, TNI/Polri, maupun organisasi masyarakat, haruslah kompak dan disiplin dalam lakukan pelayanan bagi masyarakat di Pegunungan Bintang.

“Selesai acara pelantikan bersama eselon 2 dan 3 dan para kepala distrik lakukan rapat perdana. Saya sudah minta bupati bahwa semua ASN harus kembali ke Pegunungan Bintang untuk jalankan tugas.  Disiplin menjadi nomor satu. Saya akan jadi teladan dan contoh untuk semua agar pelayanan bagi pemerintahan harus benar-benar jalan,” tegasnya.

Aloysius juga menambahkan, dalam menjalankan tugasnya ke depan, ia akan merangkul semua pihak, tanpa melihat etnis, suku, dan agama. Sebab semua orang yang bertugas di Pegunungan Bintang adalah putra-putri terbaik yang dikirim Tuhan bagi masyarakat di sini dengan talenta dan kemampuan masing-masing.

), Bupati Spey Yan Bidana, bersama Wakil Bupati Piter Kalakmabin, dan Plt. Sekda Aloysius Giyai menggelar rapat bersama seluruh pimpinan OPD di ruang pertemuan Bappeda Pegubin.

Rapat Perdana Pimpinan OPD

Usai pelantikan Plt. Sekretaris Daerah Pegunungan Bintang dan beberapa Plt. Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bupati Spey Yan Bidana, bersama Wakil Bupati Piter Kalakmabin, dan Plt. Sekda Aloysius Giyai menggelar rapat bersama seluruh pimpinan OPD di ruang pertemuan Bappeda Pegubin.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Piter Oktemka, A.Md menegaskan bahwa track record Aloysius Giyai di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua sangat bagus. Oleh karena itu, ia meminta setiap arahan dari Aloysius selaku Plt. Sekda Pegubin yang baru harus diikuti oleh masing-masing kepala OPD dan seluruh bawahannya.

“Hari Jumat pernah saya sidak ke beberapa dinas, jangankan kepala dan sekretaris, tukang sapu saja tak ada. Ini tak boleh lagi. Pak Aloysius sudah datang bawa energi baru buat kita, mulai sekarang ikut arahannya, terutama susun APBD induk 2022 dan Januari 2022 kita sudah tetapkan,” kata Piter.

Sementara itu, Plt. Sekda Aloysius Giyai dengan tegas meminta para kepala OPD untuk menyiapkan beberapa poin penting yang akan dievalusi bersama pada Rabu (27/10/2021).

“Tolong semua pimpinan OPD catat, pertama, hari Rabu lusa, saya minta semua kepala OPD daftar nominatif pegawai masing-masing dengan struktur, jabatan organisasi dan tupoksinya. Tujuannya agar kita sama-sama meningkatkan disiplin dan kinerja. Kedua, siapkan kurva atau presentase pencapaian realisasi fisik dan penyerapan anggaran DPA APBD induk 2021 tiap OPD, berapa pekerjaan yang sedang berjalan, mana yang belum diserap. Ketiga, menyusun KUA PPAS program tahun 2022 diprioritaskan sesuai visi misi bupati dan wakil bupati dan menjawab. Keempat, buat job description bagi seluruh staf di OPD,” kata Aloysius.

Menurutnya, dalam rangka menyiapkan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) 2022, seluruh OPD harus menyusun perencanaan yang matang, terutama program-program prioritas untuk mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati serta menjawabi kebutuhan pelayanan masyarakat, bukan berdasarkan pada keinginan pribadi pimpinan OPD atau kegiatan rutinitas yang bukan menjadi solusi kebutuhan pelayanan publik.

“Bappeda, Keuangan, dan Inspektorat, ini jadi perhatian utama dalam penyusunan APBD Induk 2022, sejauh mana APBD Perubahan 2021, dan juga sistem pelaporan keuangan yang terus alami perubahan harus di-update. Kita akan duduk bersama bicara ini. Bapak Bupati sudah sampaikan tadi soal adanya anggaran defisit Rp 60 miliar tahun ini, ke depan tidak boleh lagi terjadi,” tegas mantan Direktur RSUD Jayapura ini.

Sekadar diketahui, Plt. Sekda Aloysius Giyai dan ibu bersama Bupati Spey Bidana tiba sekitar Pkl. 11.00 dengan Pesawat Trigana Air Service dari Jayapura. Ratusan warga dan ASN menyambut mereka di bandara Oksibil. Acara ditutup dengan makan bersama barapen (bakar batu) ala Pegunungan Tengah Papua. Selamat bertugas di Bumi Okmin, Aloysius! (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *