Para kades terpilih usai pemilihan di Distrik Tarup (Foto Tonni Almung)

 

JAYAPURA (PB.COM)—Desa atau dalam wilayah administratif Papua dikenal dengan sebutan kampung sebagai tingkat pemerintahan terkecil, sejak beberapa tahun belakangan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara langsung. Demokrasi bertumbuh mirip dengan pemilihan kepala daerah, baik bupati, walikota maupun gubernur.

Di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, pemilihan kepala kampung ini pun digelar secara serentak pada 2 Februari 2022. Sebanyak 277 kampung yang tersebar di 34 distrik menggelar pesta demokrasi ini. Salah satunya, Distrik Tarup.

Kepala  Distrik Tarup, Martin Kalakmabin. S.I.Kom kepada media, Senin (07/02/2022) mengatakan, proses pemilihan kepala kampung di wilayahnya  berjalan lancar.

“Ada 7 kampung yang ikut pemilihan ini pada tanggal 2 Februari 2022 lalu,” kata Martin.

Menurut Martin, adapun nama-nama calon kepala kampung yang telah terpilih di Distrik Tarup yaitu Saperius Oropka dari Kampung Imsin, Elius Walam dari Kampung Bitipding, Demikan Menika dari Kampung Baten Dua, Meksi Almung untuk Kampung Omor.

Sementara tiga kampung lainnya diikuti oleh calon tunggal yakni Yosep Kulupka dari Kampung Marangtikin, Brian B. Oklaka dari Kampung Tarup, dan Alpen Urupkulin dari Kampung Onkor.

Aparat keamanan desa saat menjaga kotak suara (foto: Tonni Almung)

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemerintahan Kampung (Pemkam) David Kalaka S.IP M.Si di ruang kerjanya di Kukding Oksibil, Kamis (27/01/2022) menjelaskan, pemilihan kepala kampung tersebut Sesuai Peraturan Bupati Pegunungan Bintang Nomor 43 Tahun 2021 tentang  pemilihan kepala kampung seberat di pegunungan Bintang.

”Kami telah menunjuk 34 kepala distrik sebagai kordinator menyelenggarakan pemilihan kepala kampung ini, mulai dari tahapan persiapan, pendaftaran, ferivikasi berkas, penetapan calon hingga pemilihan dan penetapan, semua itu akan di koordinir oleh kepala distrik di setiap wilayah,” kata David.

Sedangkan yang bertanggungjawab sebagai panitia pemilihan adalah Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) di  kampungnya masing-masing. (Tonni Almung/Aquino Ningdana)

Facebook Comments Box