Dubes Ingin Banyak Anak Papua Belajar di AS

Mahasiswa Papua di USA
Mahasiswa Papua di USA

JAYAPURA (PB) : Pemerintah Amerika Serikat akan menambah kuota jumlah anak-anak Papua yang ingin mengenyam pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut.
Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Duta Besar Amerika untuk Indonesia di Swissbel Hotel Jayapura, Selasa (7/3/2017) kemarin mengungkapkan, jumlah pelajar yang telah dikirim ke Amerika mencapai 200 orang.
“Saya sudah kirim ke Amerika sebanyak 200 orang,” ujarnya.
Dijelaskan, pendidikan sangat penting. Sebab  kunci untuk memajukan Papua harus melalui pendidikan. Oleh karena itu dalam pertemuan dengan Duta Besar Amerika tersebut, Dubes mengaku banyak tokoh agama berperan dalam pendidkan sehingga beasiswa mendapat kemudahan.
“Mereka juga menginginkan anak-anak dari Papua ke Amerika,” terangnya.
Ditempat yang sama, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan, mengaku, akan menambah kuota bagi anak-anak Papua untuk mengenyam pendidikan di Amerika.
“Tadi kita membahas peluang pendidikan dengan bapak Gubernur Papua dan saya setuju sekali untuk meningkatkan jumlah pelajar asal Bumi Cenderawasih yang hendak melakukan studi di Amerika Serikat,” katanya.
Ia mengatakan, selaku Dubes yang baru menjabat, pihaknya merasa perlu untuk belajar banyak tentang Papua. Sebab pihaknya ingin sekali banyak tahu tentang kondisi Papua.
Sementara dalam kunjungannya ke Jayapura, Dubes Joseph akan mengadakan pertemuan bersama perwakilan LSM serta warga Papua lulusan salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat. Dubes pun berencana melakukan kunjungan yang sama di Sorong dan Raja Ampat Provinsi Papua Barat
“Intinya sebagian besar kegiatan saya di Papua dilakukan untuk mengunjungi program-program USAID. Termasuk pada bidang lingkungan hidup seperti illegal loging serta kekerasan berbasis gender”.
“Karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua yang sudah meluangkan waktu bersama saya sekaligus membahas kegiatan saya selama satu setengah hari disini (Jayapura,red),” tambahnya. (Admin)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *