Gelar Kejurda Karate, KONI Papua Apresiasi Pangdam Cenderawasih

Karateka Putri Papua, Yolanda Asmuruf saat Berlaga di PON XIX Jawa Barat. Dia Berhasil Menyabet Medali Emas.

JAYAPURA (PB) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua mengapresiasi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII Cenderawasih atas peran sertanya dalam pembinaan olahraga dan atlet Papua jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Bumi Cenderawasih.

KONI juga mendukung Kejuaraan Karate Pangdam Cup memperebutkan piala bergilir Pangdam XVII/Cenderawasih Tahun 2017 yang dipelopori Kodam XVII Cenderawasih dan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesi (FORKI) Papua.

Apresiasi ini disampaikan Ketua Harian KONI Papua, Klemen Tinal, SE.MM melalui Benny Maniani, S.Sos anggota Bidang Monitoring dan Evaluasi didampingi Humas dan Promosi KONI Papua, Hans Bisay di Kantor KONI Kompleks GOR Cenderawasih Jayapura.

“KONI menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada bapak Panglima yang turut mendukung PON Papua melalui iven Kejurda Karate yang akan digelar pekan ini di Jayapura,” terang  Maniani dalam rilis yang diterima redaksi ,Senin malam (4/9/2017).

Kata dia, peran Kodam XVII Cenderawasih dalam pembinaan olahraga dan pengembangan atlet-atlet Papua menjadi contoh nyata yang perlu diikuti setiap institusi pemerintah maupun swasta dalam membangun Papua di bidang keolahragaan dan Sumber Daya Manusia (SDM). “Jelang PON 2020, tiap institusi pemerintah maupun swasta punya peran menyukseskan PON,” tambah Hans Bisay.

Diketahui, Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate memperebutkan piala bergilir Pangdam XVII/Cenderawasih akan digelar tanggal 07-09 September bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Waringin Kotaraja Jayapura.

Kejuaraan ini merupakan suatu wadah kompetisi di Papua dan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan secara terprogram sebagai wujud pola pembinaan dalam menciptakan atlet-atlet yang berkualitas.

Tujuannya, menjaring atlet-atlet yang akan diproyeksikan untuk mengikuti Pelatda persiapan Pra PON dan PON 2020. Mengadakan evalusi dan menguji prestasi atlet-atlet potensial khususnya atlet kadet dan junior dari daerah serta perguruan karate secara maksimal dan Menciptakan  jenjang  kompetisi  yang  terpadu  antar  Perguruan  Karate, antar Pengda, dan  Dojo. Serta meningkatkan frekuensi kompetisi para atlet berbakat dari Perguruan dan Daerah pada jenjang tingkat Nasional.

Karate Pangdam Cup tahun 2017 mempertandingkan 5 Kelompok Umur yakni Kelas usia 14-15 tahun, Kelas Yunior Komite, Kelas di bawah usia 21 tahun, Kelas Senior Kumite (Umum) dan Kelima  Senior Komite (TNI).

Kelas usia 14-15 tahun untuk putra mempertandingkan Kata Perorangan, Kumite 52 Kg, 57 Kg, 63 Kg, 70 Kg dan Kumite Kelas + 70 Kg. Sedangkan untuk putri mempertandingkan Kata Perorangan, Kumite Kelas 47 Kg, 54 kg, Kelas + 54 kg.

Kelas Yunior Komite, untuk putra mempertandingkan kelas Kata Perorangan, Kata Beregu, Kumite Kelas  55 Kg, 61 Kg, 68 Kg, 76 Kg dan Kumite Kelas + 76 Kg. Sedangkan untuk putri, kelas yang dimainkan antara lain Kata Perorangan, Kata Beregu,  Kumite Kelas 48 kg,  53 kg,  59 Kg, + 59 kg.

Ketiga di bawah  usia 21 tahun, untuk putra mempertandingkan  Kata Perorangan, Kata Beregu, Kumite Kelas  60, 67 Kg , 75 Kg, 84 Kg dan + 84 Kg.Untuk putri  masing-masing Kata Perorangan, Kata Beregu, Kumite Kelas  50 kg, 55 kg, 61 Kg, 68 kg dan Kumite Kelas + 68 Kg. Keempat  Senior Komite (Umum), putra  yang dipertandingkan  Kata Perorangan, Kata Beregu,Kumite Kelas 60 Kg, 67 Kg, 75 Kg, 84 Kg,  + 84 Kg. Di kelas putri pertandingkan  Kata Perorangan,  Kata Beregu,  Kumite Kelas  50 kg, 55 kg, 61 Kg,  68 kg, + 68 Kg.

Kelima  Senior Komite (TNI) putra mempertandingkan Kata Perorangan, Kumite Kelas  60 Kg, 67 Kg,  75 Kg,  84 Kg, dan Kumite Kelas + 84 Kg. Sedangkan putri pertandingkan  Kata Perorangan,  Kumite Kelas 50 kg, 55 kg,  61 Kg, 68 kg dan Kumite Kelas + 68 Kg. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *