Anggiat Situmorang

JAYAPURA (PB) – Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Kolaborasi Tunas Integritas Nasional (KTIN) III pada 2018 setelah Provinsi Papua.

Ketua Panitia Pelaksana KTIN II 2017 Anggiat Situmorang di Jayapura, Kamis (14/9/2017) menjelaskan, salah satu hasil dari pertemuan yang berlangsung selama tiga hari tersebut adalah menyepakati Kabupaten Kebumen sebagai lokasi berikutnya penyelenggaraan kolaborasi yang bersinergi dengan KPK tersebut.

Sebelumnya pada KTIN I di Kota Palembang, Sumatera Selatan dan ke II di Jayapura, Provinsi Papua yang baru saja berakhir kemarin. “Selain menetapkan lokasi penyelenggaraan KTIN III, kami juga menghasilkan beberapa rekomendasi seperti usulan untuk penyusunan anggaran dari kegiatan integritas tersebut,” katanya.

Menurut Anggiat, setelah disusun anggarannya baru direncanakan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan untuk menyukseskan integritas di wilayah masing-masing. “Khusus untuk Provinsi Papua, setelah diselenggarakannya KTIN ini, maka selanjutnya akan digelar workshop untuk menyosialisasikan kepada kabupaten/kota mengenai integritas tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, tujuan daripada penyelenggaraan KTIN ini adalah untuk mengubah budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua selama ini agar lebih berintegritas. “Jadi harus ada konsistensi antara perkataan dan perbuatan, ini yang ditekankan dalam integritas ini, namun hal tersebut tidak bisa langsung dipaksakan, harus pelan-pelan,” katanya lagi.

Pemerintah Provinsi Papua sangat optimistis KTIN ini dapat diterapkan di Provinsi Papua, karena hingga kini e-gorvernment juga sudah diimplementasikan secara baik sehingga integritas ini pun dapat disinergikan.  (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments Box