Para Istri Wartawan di Papua Diminta Jangan Mau Kalah

Peserta Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IKWI se Indonesia yang berlangsung selama tiga hari di Menara Penisula, Jakarta Rabu (27/9/2017).

JAKARTA (PB) – Heriyana Hutabarat  selaku Ketua Bidang Hubungan Kemasyarakatan (Humas) Kongres Wanita Indonesia  KOWANI meminta kepada para istri wartawan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) untuk jangan mau kalah dengan mereka yang tinggal di ibukota Jakarta.

“Saya rasa perempuan Papua jangan mau kalah dengan Jakarta. Walaupun tempatnya di ujung pulau negeri ini. Tetapi tetap menjadi perempuan Indonesia dan istri wartawan yang tergabung dalam IKWI,”kata Heriyana kepada pers di sela – sela Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IKWI se Indonesia yang berlangsung selama tiga hari di Menara Penisula, Jakarta Rabu (27/9/2017).

Dirinya berharap agar nantinya organisasi ini bisa memberikan sumbangsih dan pikiran apapun yang mereka miliki. Sebab sepengetahuannya kearifan lokal di Papua cukup banyak. Dimana hal ini harus dilestarikan dan dibudayakan.

Di sisi lain, dirinya sangat setuju dengan tindakan Kapolri dan Kominfo yang menonaktifkan bahkan sudah ditangkap pelaku dari situs.com  Nikah Siri. Karena jelas melanggar harkat dari seorang perempuan dan anak.  Perempuan harusnya dihargai dan anak seharusnya dibesarkan menjadi calon anak – anak bangsa ke depan menjadi calon pemimpin di negeri ini.

“Diharapkan juga IKWI berperan serta, apalagi istri wartawan.  Karena melalui media  kami  IKWI dari pusat dan juga daerah juga ikut untuk bagaimana caranya situs porno ini tidak akan terulang kembali,” tukasnya.

Dirinya berharap agar perempuan Indonesia sebagai ibu bangsa tetap menjadi ibu yang bertanggung jawab untuk keluarga dan anak – anak demi masa depannya. Pasalnya saat ini media IT sudah cukup gampang dari pusat sampai ke daerah,  bisa dengan IT dan juga konekting.

Pengurus IKWI Papua foto bersama.

Berperan Mantapkan SDM

Sedangkan Ketua Kongres Wanita Indonesia atau disingkat KOWANI Bidang Hubungan Masyarakat dan Hubungan Luar Negeri, Lia Tono Suratman mengharapkan peran serta Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia atau yang disingkat IKWI untuk kedepannya kiranya lebih memantapkan SDM,  sehingga perannya sebagai ibu bangsa benar – benar akan terlihat dan dirasakan oleh generasi penerus. Serta menghasilkan generasi penerus yang berkualitas untuk kejayaan negeri ini.

Dirinya berharap untuk IKWI di daerah bersama dengan pengurus pusat.  Terlebih di daerah sebagai ujung tombak, yang tentunya mempunyai kegiatan dan permasalahan sudah pasti akan sama.

“Kita juga tahu bahwa pendidikan anak itu lebih utama ada ditangan para ibu.  Meskipun bapak saat ini ikut terlibat dan dilibatkan. Jadi untuk IKWI di daerah mempunyai tugas dan peran yang sama,” tuturnya.

Sementara untuk IKWI khususnya di Provinsi Papua termasuk kabupaten dan kota, kata Lia,   Papua saat ini termasuk pulau yang terbesar di tanah air dan sedang gencar dan giat membangun. “Tentu diharapkan perempuan Papua ikut serta didalam pembangunan itu sendiri. Tidak terlepas juga ikut terjun. Kalau ibu – ibu ini yang menjadi ikatan keluarga wartawan, terjunlah disitu. Karena ini juga menambah ilmu dan pengetahuan dan lebih memantapkan diri dalam perjuangan pergerakan perempuan Indonesia,” tukasnya.

Sukseskan PON 2020

Diketahui Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Papua mengikuti Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang digelar di Hotel Penisula Jakarta tanggal 26-28 September 2017.

Sekretaris IKWI Provinsi Papua, Fita Aipassa Jasma kepada wartawan mengatakan Mukernas ini diadakan bersamaan dengan HUT ke-56 IKWI yang mengusung tema “Bersama IKWI Kita Ciptakan Keluarga dan Generasi Indonesia Yang Lebih Baik”. “Mukernas yang kami ikuti ini akan dihadiri oleh 100 peserta dan peninjau dari 22 provinsi, kabupaten serta kota termasuk Provinsi Papua,” katanya.

Menurut Fita, dengan berpartisipasi dalam Mukernas ini, pihaknya juga berharap dapat bersilahturahmi dengan anggota dan pengurus IKWI dari provinsi lain. “Jadi kami dapat memperoleh referensi baru mengenai pengelolaan kepengurusan IKWI ke depannya,” ujarnya.

Sebab selain memperkenalkan perangkat organisasi IKWI Provinsi Papua yang baru dengan jajaran pengurus baru, pihaknya juga ingin ikut mempromosikan Bumi Cenderawasih kepada pengurus lain.

“Termasuk di dalamnya promosi pelaksanaan PON XX pada 2020 di Provinsi Papua yang kini tengah dipersiapkan dengan baik,” katanya lagi.

Dengan keikutsertaan IKWI Provinsi Papua dalam mukernas ini, diharapkan ada perbaikan dan peningkatan organisasi ini ke depannya. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *