Gubernur Lukas: Presiden Jokowi Cinta Tanah Papua

Presiden Jokowi menggendong seorang anak usai meresmikan Monumen Kapsul Waktu yang ada di Merauke, Papua, Jumat (16/11/2018).

MERAUKE (PB)—Presiden RI, Ir. Joko Widodo bersama Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo didampingi sejumlah menteri melakukan kunjungan kerja yang ke-10 kali ke Papua selama empat tahun lebih memimpin Indonesia. Pesawat Presiden yang membawa Jokowi dan rombongan mendarat mulus dengan pesawat Kepresidenan di Bandara Mopah Merauke, Jumat (16/11/2018) diri hari sekitar pukul 01.20 WIT.

Selama sehari di Merauke, Presiden meresmikan Monumen Kapsul Waktu, kemudian bertolak ke titik Nol Kilometer Sota, Kabupaten Merauke untuk melihat pembangunan di wilayah tersebut.  Presiden juga akan meninjau Pembangunan jalan Trans Papua, Merauke-Boven Digul.

Usai melaksanakan sejumlah agenda di Merauke, Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Port Moresby, Papua New Guinea untuk mengikuti APEC.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH yang hadir di Merauke menyambut Presiden Jokowi dengan penuh hangat. Terlihat dalam sejumlah momen, Lukas dan Jokowo berbincang akrab sambil tersenyum.

Gubernur Papua Lukas Enembe saat memberikan sambutan.

Dalam sambutannya usai peresmian Monumen Kapsul Waktu, Gubernur Lukas mengapresiasi Presiden Jokowi yang kembali berkunjung ke Papua. Menurut Lukas, ini bukti bahwa Jokowi memiliki hati membangun Papua.

“Selamat datang kepada Presiden Jokowi yang ke sepuluh kali mengunjungi tanah Papua. Ini bukti Bapak Presiden sangat mencintai dan memiliki tanah Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita berdoa semoga bapak Presiden Joko Widodo kembali memimpin bangsa Indonesia untuk lima tahun ke depan,” kata Gubernur Lukas.

Lukas menjelaskan, impian dalam Kapsul Waktu ini dihimpun sejak tahun 2015, lewat ekspedisi melintasi 34 provinsi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Di setiap provinsi, anak mudanya menulis keinginannya 70 tahun ke depan, yang kemudian disimpan di kapsul, setelah itu akan dibuka tahun 2085 nanti.

“Hari ini adalah hari bersejarah bagi Papua karena Presiden resmikan Monumen Kapsul Waktu. Semua mimpin anak bangsa yang tersimpan di dalam Monumen ini akan menjadi kenyataan, dan akan dimulai dari Papua,” ujar Lukas disambut tepuk tangan meriah.

Dari tanah Papua, Gubernur Enembe berpesan kepada Presiden Jokowi untuk dapat membangun Indonesia yang terdapat pada sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Dalam sejumlah momen yang diabadikan wartawan, Presiden Jokowi tampil dengan kostum yang unik saat peresmian Monumen Kapsul Waktu. Jokowi tampil mengenakan baju kemeja putih lengan panjang yang kerap dipakainya. Hanya saja, kali ini ia memadukannya dengan celana jeans biru dan sepatu kets warna hitam lazimnya anak muda. Sementara Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo mengenakan baju batik Papua warna hijau.

Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo menggendong seorang anak usai meresmikan Monumen Kapsul Waktu yang ada di Merauke, Papua, Jumat (16/11/2018).

Terlihat, Presiden dan Ibu Negara asyik ngobrol dengan beberapa anak-anak asli Merauke dengan tampilan pakaian adat mereka. Saat meninjau langsung ruangan demi ruangan di Monumen Kapsul Waktu, Iriana malah menggendong salah seorang anak. Demikian pun Presiden Jokowi yang menggendong salah seorang di antaranya.

(Gusty Masan Raya/rm)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *