Perwakilan BKKBN Papua Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir Bandang Sentani

Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir bandang Sentani di Posko Induk, Kantor Bupati Jayapura.

JAYAPURA (PB.COM)–Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua ikut ambil bagian meringankan beban para korban bencana banjir bandang di Sentani, yang saat ini bertahan di tempat-tempat penampungan, dengan menyalurkan bantuan bahan makanan dan bantuan lainnya ke Posko Induk di Gunung Merah, Kantor Bupati Kabupaten Jayapura.

Penyerahan bantuan ini, dilakukan perwakilan BKKBN dalam dua tahap. Bantuan tahap pertama disalurkan pada Senin ((18/3) dan penyaluran tahap dua pada Rabu (20/3) siang tadi.

Bantuan yang disalurkan pada Senin lalu, berupa sikat gigi dan odol gigi, air mineral, biscuit, susu ultra, nasi bungkus. Bantuan ini diserahkan oleh Kabid Adpin Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Philmona M.  Yarollo, S. Sos, M.Si.

Sedangkan penyaluran kedua pada Rabu siang tadi, berupa air mineral gelas, tikar plastik, biskuat coklat, biskuat original, pampers, susu UHT, biscuit roma, pakaian bayi, kasur bayi, pakaian anak-anak, pakaian orang dewasa, handuk dewasa, pakaian wanita dewasa, pembalut wanita. Yang menyerahkan bantuan adalah Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Agus Nursantosa, SE, didampingi Kabid KB – KR Baso Pikers, SH, Kabid Adpin Philmona M. Yarollo, Kabid Latbang Yusuf Manan, SE.

Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir bandang Sentani di Posko Induk, Kantor Bupati Jayapura.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar, SE.M.Si, kepada papuabangkit.com, mengemukakan, aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan perwakilan BKKBN Provinsi Papua merasa prihatin dan terpanggil untuk memberikan respon yang sifatnya meringankan beban moril yang dialami para korban bencana banjir bandang di Sentani.

“Di Kota dan Kabupaten Jayapura memang banyak lokasi yang rawan bencana. Dan karena ini menyangkut bencana alam, menyangkut lingkungan hidup, jadi BKKBN juga memiliki perasaan yang sama untuk berbagi dan bisa meringankan beban mereka. Apalagi saat ini mereka diperhadapkan pada masalah kehilangan keluarga, perumahan dan juga masalah kehilangan materi harta benda yang mereka cari bertahun-tahun, hilang dalam sekejab,” ungkap Brabar.

Oleh karena itu, lanjutnya, BKKBN hanya memberikan bantuan yang sifatnya konsumtif yang bisa dinikmati beberapa hari ke depan di tempat-tempat penampungan. “Yang terpenting, beban yang mereka rasakan, kita juga merasakan dan membantu meringankan. Dan tentunya, kita berharap ke depan, selaku penduduk di Kota dan Kabupaten Jayapura, kita semua harus melihat aspek lingkungan ini secara menyeluruh,” katanya.

Siapa pun dia, yang berada di Kabupaten Jayapura maupun Kota Jayapura, ia minta agar sama-sama memperhatikan lingkungan karena saat ini sudah menjadi ancaman. Ia mencontohkan, dulu, hujan berhari-hari atau berjam-jam pun bisa tenang tidur, tetapi 5 tahun terakhir ini, masalah lingkungan tidak menjadi prioritas dalam kehidupan masyarakat. Hal ini harus menjadi perhatian agar masalah lingkungan menjadi perhatian semua orang yang diam di wilayah ini.

Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir bandang Sentani di Posko Induk, Kantor Bupati Jayapura.

“Kami BKKBN memiliki fungsi keluarga dan fungsi yang keenam adalah fungsi lingkungan. Ini menjadi perhatian bagi semua keluarga, sehingga kami rasa terpanggil untuk bisa berperan aktif dalam memberikan keringanan beban bagi keluarga-keluarga yang saat ini merasa kehilangan, terutama nyawa dan harta,” lanjut Brabar.

Ia melanjutkan, BKKBN tidak memberikan sesuatu yang lebih, atau bernilai tetapi hanya berupa makanan dan perlengkapan lainnya serta sedikit dana cash dari aksi spontanitas ASN, dharma wanita dan guru-guru pendidikan anak usia dini (PAUD) yang ada di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Papua serta generasi berencana (Genre) BKKBN. Semua pemuda dan mahasiswa yang bergabung di Genre, pusat informasi dan konseling generasi Papua yang ada di BKKBN, ikut memberikan bantuan.

Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, melaporkan daftar bantuan untuk korban bencana banjir bandang Sentani di Posko Induk, Kantor Bupati Jayapura.

“Jadi kita padukan semua, jalan bersama dan menyerahkan bantuan. Kami percaya bahwa apa yang diberikan pada hari Senin dan Rabu, menjadi sebuah spontanitas karena merasa prihatin dan peduli atas kondisi yang dialami oleh saudara-saudara di Sentani yang lebih parah dari lokasi-lokasi yang lain. Kami turut berdukacita untuk saudara-saudara keluarga korban yang kehilangan anggota keluarganya karena musibah ini,” ujar Brabar kemudian. (Frida)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *