Wagub Kukuhkan Forum Sekda se-Papua, Sekda Keerom Jabat Ketua

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM melantik dan mengukuhkan forum sekda Kabupaten kota se-Papua.

JAYAPURA (PB.COM) – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM melantik dan mengukuhkan forum sekda Kabupaten kota se-Papua. Blasius Waluyo Sejati, Sekda Kabupaten Keerom, dilantik sebagai Ketua dalam pengukuhan dan pelantikan yang berlangsung di salah satu hotel di Jayapura, Rabu (23/5).

Dalam arahanya, Wagub Klemen meminta para sekda agar tetap menjaga menjaga kapasitas dan kualitas serta harus menjaga komunikasi baik dengan atasan maupun dengan bawahan.

“Kami juga dari provinsi merasa sukacita dan berbahagia karena sekda yang merupakan tangan kanan dari pemerintah di daerah ini, sudah bisa membentuk suatu organisasi atau forum komunikasi sehingga dengan demikian banyak hal-hal positif yang bisa nantinya dilahirkan buat kepentingan internal ke dalam tapi juga kepentingan pelayanan masyarakat sebagai fungsi kerja kita bersama,” katanya.

Wagub menjelaskan, Sekda merupakan administrator di daerahnya, dan pejabat ASN dengan pangkat tertinggi atau senior di daerahnya.

“Di situ saudara harus menunjukkan kapasitas dan kualitas cara melayani sehingga, para pegawai di daerah saudara-saudara bersama bekerja di Kabupaten maupun kota mereka bisa respect, atau disegani, baik dari segi senior dari segi jabatan, pangkat golongan tapi juga respect karena kapasitas.,” jelasnya.

Menurutnya, kapasitas itu lebih penting daripada kualitas, karena kapasitas itu didapatkan saat baru masuk dan jatuh bangun susah senang itu membentuk para sekda menjadi kuat, karena setiap orang punya cerita masing-masing mulai karir, baik di daerah selatan, gunung, bagaimana sampai hari ini dipercaya menjadi Sekda.

“Pengalaman-pengalaman itulah yang akan membuat saudara menjadi tangguh dalam mendampingi bupati dan walikota di daerah masing-masing,” ucapnya.

Lalu, Sekda sebagai komunikator,perlu komunikasi yang sangat baik. Menurut Wagub Klemen ini sangat penting, baik dengan atasan maupun dengan bawahan. Sekda harus berkolaborasi dengan baik dengan seorang bupati dan walikota,sehinnga bisa menjadi partner, karena jangan sampai keputusan yang diambil seorang bupati bertabrakan dengan undang – undang yang ada.

“Di situlah peran sekda harus bisa membuat para bupati dan walikota menjadi orang yang luar biasa, tentunya melalui kebijakan beliau, yang sejalan secara administrasi. Di sinilah komunikasi sangat penting,” ungkapnya.

Ia juga berpesan, dalam forum komunikasi ini, para sekda dapat menjalankan fungsinya, karena banyak hal-hal yang baik dan besar yang akan dilakukan, termasuk juga benefit ke pegawai, pegawai harus diperhatikan dengan baik karena pegawai pemerintah Kabupaten kota bukan pegawai perusahaan.

“Kalau hari ini dimulai dengan yang baik pasti menjadi berkat terang di tengah masyarakat di manapun kita berada,organisasi ini harus berjalan dengan baik komunikasi jangan lupa antara pengurus karena meski cukup jauh akan tetapi dengan komunikasi yang baik bisa mengasilkan ide yang baik dan menjadi contoh,apalagi dengan ide ide inovasi untuk menambah kekuatan dan pikiran di pemerintahan pembangunan di Papua ini hal-hal itu yang membuat kita jadi contoh bagi pemerintahan di provinsi lainnya,” pungkas Wagub. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *