Sekda Kabupaten Mamberamo Raya, Suwita, S.Sos.M.Ec.Dev.

JAYAPURA (PB.COM) – Dalam rangka mengembangkan potensi perikanan di wilayah Kabupaten Mamberamo Raya, pemerintah setempat berencana akan menggandeng pihak ketiga (swasta) dalam hal pengelolaan hasil perikanan termasuk pemasarannya.

Sekda Kabupaten Mamberamo Raya, Suwita, S.Sos.M.Ec.Dev di Jayapura, Rabu (17/7/2019) mengaku selama ini dirinya melihat hasil perikanan seperti ikan cukup besar. Namun sayangnya terkendala di pemasaran.

“Makanya kita akan coba cari pihak ketiga untuk bagaimana hasil tangkapan nelayan ini bisa dikelola. Jadi tidak hanya dijual untuk kebutuhan makanan sehari hari, tapi juga dikelola di home industri seperti dibuat menjadi tepung atau bahan cemilan seperti keripik, bakso dan lainnya untuk kemudian bisa menjadi makanan oleh oleh dari Mamberamo Raya,”ungkap Suwita.

“Kalau memang bagus, nantinya kita akan cari investor untuk produksi skala besar dan bisa dijual keluar Papua,” sambungnya.

Melalui pengelolaan potensi perikanan ini, kata Suwita, diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat yang sebagian besar menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. “Kan kasian lihat nelayan ini, kalau ikannya tidak dibeli ya terpaksa dibuang,”ujarnya.

Suwita berharap ke depan ada investor yang mau bekerjasama dengan pemerintah Mamberamo Raya dalam hal pengembangan potensi perikanan. “Apalagi selama ini kita lihat masyarakat sangat mau, makanya sebagai pemerintah kita akan mendorong,” katanya.

Selain fokus soal pengembangan potensi perikanan, Suwita juga menguraikan program pembangunan lainnya yang juga jadi prioritas yakni listrik dan air bersih.

“Tahun ini kita programkan pembangunan air bersih serta pembangunan PLTA (pembangkit listrik tenaga air). Ini sudah kita usulkan ke pusat dan sudah dimasukkan dalam program Musrembangda,” katanya lagi. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box