Sekretaris Daerah Papua T.E.A Hery Dosinaen, S.IP.M.KP.M.Si saat memberikan sambutan pada Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua di California, Amerika Serikat, Jumat (20/12/2019)

LOS ANGELES (PB.COM)-Sekretaris Daerah Provinsi Papua T.E.A. Hery Dosinaen, S.IP.M.KP.M.Si meminta para mahasiswa yang sedang menjalani studi Amerika Serikat agar belajar yang rajin sehingga bisa lulus tepat waktu dan pulang bekerja membangun Papua

Hal itu dikatakan Sekda Hery saat menghadiri Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua yang digelar Ikatan Mahasiswa Papua di Ametika Serikat, Jumat pagi (20/12/2019) di Los Angeles California.

“Pesan bapak gubernur, adik-adik giat belajar sehingga dapat bekerja dan berkompetisi dengan orang lain di seluruh dunia. Kalian ada emas bagi Tanah Papua. Walaupun emas kita dikeruk habis oleh orang lain, tapi kalian adalah emas untuk membangun Papua, Indonesia dan dunia,” ujar Sekda Hery disambut antusias para peserta konferensi.

Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua, Jumat pagi dibuka oleh Wamenlu RI di Sheraton Gateway Hotel Los Angeles.

Sekda juga mengapresiasi digelarnya Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua. Dia berharap kegiatan ini menjadi wadah pemersatu putra putri Papua dalam berkontribusi membangun Papua, Indonesia dan dunia.

“Kalian harus tunjukan bahwa kita bisa dari yang orang lain. Salam hangat dari gubernur, wakil gubernur, bupati, walikota dari Mamta, Saireri, Animha, Meempago dan Laapago untuk adik-adik sekalian,” kata Hery.

Menurut Hery, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengirimkan kurang lebih 1700 mahasiswa dan mahasiswi asli Papua untuk mengenyam pendidikan di berbagai kota studi di dalam negeri dan luar negeri.

Kebijakan ini merupakan salah satu wujud nyata dari visi misi Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH dan Klemen Tinal,SE.MM membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Bapak gubernur dan wakil gubernur sejak 2013 memimpin penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan di Papua dengan visi misi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera. Dan untuk mewujudkan visi tersebut dilakukan melalui investasi Sumber Daya Manusia (SDM) Papua,” kata Hery.

Ide Gubernur Papua mengirimkan putra-putri Papua sekolah dan kuliah di dalam maupun luar negeri, kata Hery, telah dipikirkan ketika menjabat sebagai wakil bupati Kabupaten Puncak Jaya tahun 2001. Dan cita-cita itu diwujudkan setelah menjabat sebagai orang nomor satu di Papua pada tahun 2013.

“Ide ini sudah tertanam sejak Bapa Gubernur menjadi wakil bupati Puncak Jaya tahun 2001. Beliau mempunyai konsep bagaimana memajukan Papua, salah satunya adalah menyekolahkan anak anak Papua di seluruh kota studi di Indonesia dan seluruh Dunia. Dan hal itu barulah diwujudkan tahun 2013,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Hery, sebaran anak-anak Papua yang sedang kuliah hampir mencakup seluruh negara di dunia. Mereka diharapkan dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Hampir seluruh negara di dunia, ada anak Papua yang belajar disana. Ini adalah implementasi membangun SDM Papua yang berkualitas,” jelasnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box