Renovasi Belum Rampung, Stadion Mandala Belum Bisa Dipakai Bertanding Liga I

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Papua, Girius One Yoman

JAYAPURA (PB.COM) –  Renovasi pembangunan Stadion Mandala belum tuntas 100 persen, membuat Tim Persipura Jayapura harus kembali terusir dari home base mereka selama ini.

Padahal sebelumnya, Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano menegaskan bakal mendaftarkan dua stadion yakni Stadion Mandala dan Stadion Papua Bangkit sebagai Home Base di Liga I 2020

Renovasi Stadion Mandala dilakukan untuk persiapan PON XX tahun 2020 di Papua, yang sedianya akan digelar Oktober mendatang.

“Persipura belum bisa main di stadion Mandala Jayapura, karena pembangunan belum rampung,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Papua, Girius One Yoman, di Jayapura, Senin (27/1/2020).

Girius menjelaskan, renovasi stadion telah memasuki tahal akhir, namun butuh waktu untuk perawatan rumput dan pengecetan.

“Jadi  kemungkinan putaran pertama liga 1, Persipura belum bisa menggunakan stadion Mandala. Nanti bisa dipakai itu nanti sekitar bulan April atau Mei, sekarang juga rumput dalam tahap pemeliharaan,” tuturnya. “Sehingga untuk putaran pertama kompetisi Liga I Persipura masih main di luar Papua,” tambahnya.

Girius memaparkan, pembangunan fisik stadion Mandala sudah selesai  tinggal pertumbuhan dan perawatan rumput. “Surat dari Persipura sudah masuk, kita sudah duduk dan membahas bersama. Tapi karena kondisi rumput yang dalam tahap perawatan, kita belum bisa memberikan ijin, karna dari studi kelayakan, stadion baru bisa digunakan pada bulan April atau Mei 2020,” paparnya.

Girius berharap, semua pihak harus bisa pahami dan mengerti, karena renovasi stadion Mandala untuk kepentingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Sebelumnya, Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano berharap tim Persipura masih bisa bertanding di Jayapura. “Kami inginkan Stadion Papua Bangkit dan Stadion Mandala menjadi home base, tapi kalau tidak bisa maka kita kembali home base di Kalimantan atau Jawa Timur,” ujar BTM.

Menurut dia, faktor pertandingan kandang sangat penting untuk menentukan prestasi klub. “Target juara, kalau 2019 kami bermain di Mandala, bukan Bali United yang juara, Persipura yang juara,” tukasnya. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *