Dinas Pertanian Siapkan Pangan Lokal Untuk PON XX Papua

Kepala Dinas Pertanian dan pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa.

JAYAPURA (PB.COM) – Untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX 2020 Papua, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua menyiapkan pangan lokal untuk dikonsumsi pada perhelatan ivent olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Semuel Siriwa kepada wartawan di kantor gubernur, Senin (2/3/2020) mengatakan, pihaknya terus mendorong komunitas petani untuk menyiapkan pangan lokal.

“Termasuk bagaimana mendorong petani untuk mengikuti program pekan nasional yang akan diselenggarakan di Padang pada bulan Juni 2020,“  katanya.

Guna meningkatkan produksi pangan lokal petani, pihaknya melakukan pembinaan dan penyuluhan dalam memberikan motivasi kepada para petani agar dapat bergerak pada berbagai usaha. “Pembinaan ini bermuara kepada peningkatan produksi,” kata Siriwa.

Tahun ini, kata Siriwa, Dinas Pertanian dan Pangan mendapat tambahan anggaran untuk pengembangan buah merah, selain itu ada juga untuk pengembangan kopi kakao dan bidang perternakan untuk daging daging pilihan terbaik.

Sementara mengenai ketersedian beras, Siriwa menyebut tidak ada masalah mengenai ketersedian pangan saat ini terutama untuk menghadapi PON, sebab beberapa komoditas seperti beras sudah siap.

“Kami sudah menyiapkan program yang bersumber dari dana APBN pada seluruh cluster untuk pengembangan Hortikultura pada beberapa komoditas seperti buah-buahan dan sayur sayuran,” terangnya.

Sementara untuk ketersedian daging serta beras, Siriwa mengatakan saat ini tidak ada masalah. Sebab, stok beras yang disuplai dari Merauke tidak ada masalah.

“Akomodasi saja yang perlu dipikirkan OPD terkait untuk memikirkan transporasi dan kalau kebijakan pak Gubernur akan menggunakan produk lokal, kami sementara mempersiapkan,” imbuhnya. (Toding)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *