Pemprov Papua Bentuk Satgas Penanganan Covid-19

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal didampingi Forkopimda saat diwawancara wartawan.

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan virus corona, tim ini dibentuk untuk memastikan Papua aman dari virus Covid-19.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal kepada wartawan, Kamis (5/3/2020) mengatakan, pihaknya tidak akan tinggal diam soal penyebaran virus Korona yang kini telah masuk ke Indonesia. Walau Papua belum terdeteksi, antisipasi tetap dilakukan pihaknya.

“Kami akan bentuk Satgas, walau di daerah lain tidak ada. Satgas ini tugas utamanya adalah mencegah masuknya virus di pintu masuk (bandara dan pelabuhan) setiap titik di kabupaten dan kota di tanah Papua,” katanya.

Menurutnya, tugas Satgas ini lebih utama soal intervensi, namun semua tetap jalan. “Semua orang harus tunduk terutama pengusaha atau organisasi ini masalah emergensi semua harus tunduk ke pemerintah,” tandasnya.

Kata Klemen, ada intruksi dari Gubernur Papua untuk bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat mulai dari tingkat provinsi hingga kampung-kampung khususnya di wilayah pedalaman Papua terkait dengan virus tersebut.

Mengingat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan berlangsung pada Oktober 2020 mendatang, pihaknya juga akan mencegah masuknya para atlet, pelatih, maupun ofisial yang akan datang ke Papua.

“PON tetap dilaksanakan, namun kami tetap akan menerapkan prosedur kesehatan yang berlaku dimana setiap orang yang masuk ke tanah Papua harus terbebas dari virus tersebut. Para ofisial, atlet dan lainnya akan melalui serangkaian pemeriksaan sebelum masuk ke Papua,” ujarnya. (Toding)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *