Masyarakat Dihimbau Tak Asal Gunakan Masker

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal.

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua menghimbau kepada masyarakat agar tidak asal menggunakan masker, sebab masker hanya bagi yang mempunyai gejala penyakit.

Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal kepada wartawan, Kamis (5/3/2020) usai memimpin rapat koordinasi siaga darurat Covid-19 di Sasana karya.

“Masker hanya buat yang mempunyai gejala sakit, jadi jangan sehat tetapi karena takut lalu beli masker tidak usah,” katanya.

Pemprov juga akan menurunkan aparat kepolisian untuk mengecek gudang-gudang distributor alat kesehatan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penimbunan masker.

“Bagi yang jualan masker jakan di cek jangan dia stok lalu main harga, orang dalam keadaan begini, kami akan minta polisi untuk cek semua gudang itu,” tegasnya.

Masyarakat dihimbau agar tidak membeli masker berlebihan dan tidak perlu panik, kecuali kalau ada gejala namun diharapkan menjaga kebersihan, cuci tangan penting dan tidak terlalu banyak pegang wajah.

“Kurangi kegiatan yang tidak penting, karena dari pertemuan jarak dekat itu yang bisa menular, Yang bersifat massal dikurangi, kita pastikan dulu Papua aman, baru mulai hidup normal,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giay menambahkan bahwa masker bukan untuk digunakan oleh semua orang dimana-mana, tetapi masker untuk orang yang mengalami gejala penyakit. “Jangan sampai stok habis digunakan oleh orang yang sehat,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *