Kepala Bappeda Papua Yohanis Walilo.

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyatakan kesiapan anggaran dalam penanganan dan pencegahan virus corona (Covid-19) di Bumi Cenderawasih.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Yohanes Walilo kepada wartawan di Jayapura, Jumat (6/3/2020) mengaku jika pencegahan yang dilakukan hanya berupa sosialisasi, maka anggarannya ada pada Dinas Kesehatan Papua.

“Jika membutuhkan pembangunan ruang darurat penanganan pasien, akan menjadi tanggung jawab pemerintah,” katanya.

Menurut mantan Sekda Jayawijaya bahwa anggaran untuk penanganan dan pencegahan virus corona tersedia, hanya saja masih menunggu laporan kebutuhan setiap bidang. “Jika anggaran yang dibutuhkan sangat besar, maka  akan dianggarkan pada APBD Perubahan, sebab tidak mungkin diambil dari anggaran yang sudah ada saat ini,” jelasnya.

Selain itu, anggaran pada Badan Penanggulan Bencana Daerah tetap standby, begitu juga di Badan Keuangan ada dana tak terduga. “Kalau nanti jumlah yang dibutuhkan cukup, kami akan ambil dari situ saja,” terangnya.

Sebab, katanya penanganan awal penyebaran virus Corona memang harus dilakukan, dari pada harus menunggu terjadi baru dilakukan, tentu itu sangat rumit dan membutuhkan biaya yang lebih besar. (Toding)

Facebook Comments Box