Sekda Papua Hery Dosinaen saat melepas Tim satgas untuk lakukan penyemprotan di sekolah.

JAYAPURA (PB.COM) – Antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di Bumi Cenderawasih, Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua bekerja sama PMI Papua dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua melakukan penyemprotan Desinfektan mulai SD, SMP dan SMA/SMK yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom.

Kadis Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Christian Sohilait ST. M.Si kepada wartawan usai pelepasan tim Satgas di halaman kantor Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah, Kamis (19/3/2020) mengatakan, penyemprotan tersebut sebagai langkah pencegahan dini sebab penyebaran virus tersebut tidak dapat diprediksi.

“Awalnya hanya akan melakukan penyemprotan SMA/SMK saja, namun berkat koordinasi dengan pemda setempat kami sepakat lakukan di setiap sekolah,” ungkapnya.

Selain melakukan penyemprotan, pihaknya juga membagikan stiker cara pembuatan desinfektan dan cara modifikasi membuat penyemprotan desinfektan sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan penyemprotan di setiap daerah.

“Kami juga sudah himbau dinas di setiap Kabupaten untuk melakukan pencegahan virus ini baik dengan penyemprotan dan prilaku hidup bersih,” jelasnya.

Sohilait menambahkan, penyemprotan dilakukan selama 14 hari ke depan dan pihaknya menyiapkan 20 tim terdiri dari Dinas Pendidikan, Kesehatan, PMI dan Satpol PP Papua.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Dr. T.E.A Hery Dosinaen, S.IP.M.KP saat pelepasan mengapresiasi tindakan cepat yang diambil Dinas Pendidikan Provinsi Papua.

Menurutnya, virus tersebut saat ini sudah menjadi virus yang menggerogoti dunia dan tidak terlepas di Indonesia dan Papua, maka harus diambil tindakan cepat dan tepat.

“Sampai saat ini kita belum mendapatkan sampel hasilnya apakah positif atau negatif dan nantinya pemerintah pusat yang akan mengumumkan, oleh sebab itu saya minta masyarakat tidak boleh panik,” harapnya.

Atas nama  Gubernur Provinsi Papua, Hery mengapresiasi Dinas Pendidikan yang telah melakukan  tindakan nyata dengan melakukan penyemprotan dan pembagian stiker sosialisasi pencegahan virus corona.

“Dinas Provinsi Papua segera untuk menyampaikan ke Dinas kabupaten/kota untuk melalukan hal yang sama,” tegasnya.

Ia berharap langkah yang dilakukan Dinas Pendidikan diikuti semua intansi dan OPD yang ada di Papua, sehingga korban di Papua dapat diminimalisir. Ia meminta masyarakat untuk banyak mengonsumsi makanan lokal dan menjauhi kerumunan. (Toding)

Facebook Comments Box