Dinkes Papua Akan Siapkan 5.000 Alat Pelindung Diri

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule.


JAYAPURA (PB.COM)
– Antisipasi merambahnya Corona Virus (Covid-19) yang telah menyebar pada beberapa wilayah di Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyiapkan sekitar 5000 Alat Pelindung Diri (APD) yang akan didistribusikan pada rumah sakit regional Biak, Nabire, Merauke dan Wamena.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule kepada wartawan di Jayapura, Rabu (18/3/2020) mengaku saat ini baru sekitar 30 APD yang ada. “Nantinya APD akan didistribusikan sesuai dengan hasil pertemuan Dinas Kesehatan bersama Kapolda Papua,”katanya.

Menurutnya, sebagai antisipasi merambahnya virus asal Wuhan, China tersebut maka semua membutuhkan alat tersebut pelindung tersebut. “Kami provinsi tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan mereka, tapi kami berharap seluruh kabupaten juga harus menyiapkan APD sendiri, ” terangnya.

Namun demikian, kebutuhan APD akan didistribusikan sesuai kebutuhan masing-masing daerah dan akan disesuaikan dengan data yang ada di farmasi. “Jadi kurang lebih yang kita siapkan sekitar 5000 APD, dan kita akan bagi tergantung kebutuhan dari masing masing rumah sakit,” ujarnya.

Namun yang paling banyak membutuhak alat tersebut adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura, sebab rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit rujukan. (Toding)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *