Kadinkes Papua Serahkan Bantuan HEPA Filter Kepada RSUD Yowari dan RSDH

Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes saat menyerahkan bantuan diterima manajemen RSUD Yowari, Sabtu (02/05/2020)

JAYAPURA (PB.COM)Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes menyerahkan bantuan HEPA Filter Portable kepada dua rumah sakit yang tengah menangani pasien Covid-19 di Papua yakni RSUD Yowari milik Pemkab Jayapura dan RS Dian Harapan, salah satu rumah sakit swasta milik Yayasan Katolik di Waena, Kota Jayapura.

“Barusan tadi kami serahkan bantuan HEPA Filter Portable ini masing-masing dua unit ke RS Dian Harapan dan RSUD Yowari. Bantuan yang sama akan kita berikan juga kepada 16 rumah sakit rujukan Covid di Provinsi. Besar harapan, ini bisa membantu mendukung pelayanan di ruang isolasi yang sedang menangani pasien Covid-19,” kata Kadinkes Robby dihubungi papuabangkit.com melalui telepon selulernya, Sabtu (02/05/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Papua Dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes saat menyerahkan bantuan diterima manajemen RS Dian Harapan, Sabtu (02/05/2020)

Menurut Dr. Robby, bantuan ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kesehatan Papua. Sejauh ini, Pemprov Papua memang telah menyediakan anggaran sebesar Rp 72 miliar bagi penanganan wabah Covid-19 di Provinsi Papua, termasuk 16 rumah sakit yang menangani pasien Covid di seluruh Papua.

Bagi RSUD Yowari, Pemprov sudah menyalurkan anggaran sebesar Rp 2 miliar, sedangkan untuk RS Dian Harapan selaku rumah sakit mitra mendapatkan Rp 500 juta.

“Kita bersyukur, bahwa walau kasus kita terus naik, tetapi angka kesembuhan pasien naik terus. Semua pasien juga progress-nya bagus. Angka kematian kita sudah tekan. Kita apresiasi kepada seluruh tenaga medis di rumah sakit di Papua, termasuk RSUD Yowari dan RS Dian Harapan. Juga apresiasi kepada kinerja tim surveilans di lapangan yang proaktif dalam penemuan kasus dan kontak tracing,” katanya.

Saat ini, jumlah orang yang positif terpapar Covid-19 berdasarkan data Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua per 1 Mei 2020 adalah sebanyak 210 orang, dimana 144 orang sedang dirawat, 59 dinyatakan sembuh, dan 7 orang meninggal dunia. Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 240 orang dan terdapat 2.068 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Ada tiga hal yang saya mau pesan. Pertama, wajib social distancing, physical distancing dan rajin cuci tangan pakai sabun. Kedua, wajib periksa ke petugas medis kalau merasa kontak dengan penderita atau ODP/PDP. Ketiga, wajib pakai masker. Jika semua patuh dan lakukan secara masif, saya yakin Papua ini bisa kita kendalikan penyebaran Covid ini,” tegas Robby. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *