Pasien Covid di Papua Yang Sembuh Terbanyak di Kota Jayapura

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)

JAYAPURA (PB.COM)Berdasarkan data Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua per Minggu (03/05/2020), jumlah orang yang positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 di Bumi Cenderawasih sebanyak 240 orang, dimana 173 orang sedang dalam perawatan, 60 orang dinyatakan sembuh, dan 7 orang meninggal.

“Hari ini tak ada penambahan kasus, tetapi ada tambahan jumlah orang yang sembuh menjadi 60 orang atau 25 persen. Orang Dalam Pemantauan kita 2.275 dan Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 310 orang. Hingga hari ini, kita sudah melakukan  pemeriksaan 1.266 sampel,” kata Juru  Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Posko Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Minggu (03/05/2020).

Menurut Sumule, penyebaran Covid-19 masih tetap terjadi di 12 kabupaten/kota di Papua. Rinciannya, Kabupaten Mimika sebanyak 87 kasus, dimana 71 sedang dalam perawatan, 13 sembuh dan 3 meninggal; Kota Jayapura sebanyak 51 kasus, dimana 27 orang sedang dirawat, 21 orang sembuh, dan 3 meninggal; Kabupaten Jayapura punya 38 kasus, 27 sedang dirawat, 10 orang sembuh, dan 1 meninggal; Nabire terdapat 16 kasus dan semuanya sedang dirawat, Merauke terdapat 13 kasus, dirawat 5 orang dan 8 orang sembuh;

Kemudian, Biak  terdapat 11 kasus dan semuanya sedang dalam perawatan; Keerom ada 11 kasus, dimana 9 dalam perawatan dan 2 orang sembuh; Sarmi terdapat 4 kasus, 1 sedang dirawat dan 3 sembuh; Jayawijaya memiliki 3 kasus dimana 1 pasien sedang dirawat dan 2 sembuh; Mamberamo Tengah 2 kasus dimana 1 sedang dirawat dan 1 sembuh; Boven Digoel 2 kasus dan sedang dirawat; serta Supiori 2 kasus dan sedang dalam perawatan.

“Hal membanggakan yang harus kami sampaikan pada hari ini adalah ada tambahan 1 pasien yang sembuh. Dengan demikian, total 60 pasien, dengan rincian 21 orang dari Kota Jayapura, 13 orang dari Mimika, 10 orang dari Kabupaten Jayapura, 8 orang dari Merauke, 3 orang dari Sarmi, 2 orang dari Keerom, 2 orang dari Jayawijaya dan 1 orang dari Mamberamo Tengah,” tegas Sumule.

Sumule mengapresiasi kinerja tim medis seluruh rumah sakit yang telah bekerja keras membantu menangani pasien hingga sembuh. Ia berharap, masyarakat Papua terus memberi dukungan doa kepada kinerja mereka dan para pasien agar dapat sembuh secepatnya.

“Angka kesembuhan ini menunjukkan bahwa penyakit ini bisa kita sembuhkan, asalkan kita semua mematuhi protokol-protokol kesehatan dan himbauan pemerintah yang sudah disampaikan berulang kali dalam upaya mencegah dan memerangi Covid-19 di Papua,” tegas Sumule. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *